ADAKITANEWS, Blitar – Tonase Truk yang melintas di wilayah Kabupaten Blitar untuk saat ini dipastikan tidak bisa terkontrol. Masalahnya, jembatan timbang yang berada di Desa Pasirharjo Kecamatan Talun sudah tidak lagi beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar, Toha Mashuri mengatakan, berhentinya pengoperasian jembatan timbang tersebut sudah berlangsung sekitar satu bulan. “Penutupan jembatan timbang ini bukan kewenangan kami, melainkan wewenang Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim),” kata Toha, Kamis (30/03).

Menurut Toha, sesuai informasi yang diterimanya, tutupnya aktivitas jembatan timbang ini lantaran saat ini masih dalam proses peralihan kewenangan dari Pemerintah Provinsi Jatim ke Pemerintah Pusat. “Memang kedepan jembatan timbang ini tidak akan dikelola lagi oleh Pemerintah Provinsi, tetapi oleh Pemerintah Pusat,” tuturnya.

Namun Toha tidak mengetahui kapan pengelolaan itu mulai dilakukan oleh Pemerintah Pusat. “Jadi jembatan timbang ini tidak berhenti total beroperasi, tetapi hanya tutup sementara,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan Tim Adakitanews.com, di pintu keluar serta pintu masuk jembatan timbang telah dipasang plang dari bambu serta rambu-rambu. Truk yang melintas pun, juga tidak lagi masuk ke dalam timbangan.(blt2)

Keterangan gambar: Kondisi jembatan timbang di Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.(foto : fathan)