ADAKITANEWS, Jombang – Di bawah kepemimpinan Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko, Kabupaten Jombang kembali menunjukkan diri sebagai daerah terkemuka dan memiliki prestasi di tingkat nasional. Hal itu dibuktikan saat kabupaten berjuluk Kota Santri ini meraih penghargaan Kabupaten Sehat tipe Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Nilla Farid Moelok yang didampingi Ir Diah Indrajati selaku Plt Dirjen Bangda Kemendagri, di ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Selasa (28/11).

Untuk diketahui, Penilaian Kabupaten/Kota Sehat dihelat setiap 2 tahun sekali secara Nasional. Pada tahun 2015 Jombang meraih penghargaan Swasti Saba Padapa (taraf pemantapan). Dan Tahun 2017 ini mengalami peningkatan menjadi Swasti Saba Wiwerda (taraf Pembinaan).

“Alhamdulillah upaya kita dalam meningkatkan kesehatan masyarakat kembali menuai hasil. kita dianugerahi penghargaan sebagai kabupaten sehat untuk kategori Swasti Saba Wiwerda. Ini berarti meningkat dari yang kita terima dua tahun lalu,” ungkap Bupati Nyono di Jakarta.

Bupati mengatakan, penghargaan tersebut diraih setelah melalui verifikasi administrasi dan penilaian lapangan oleh tim penilai dari provinsi dan pusat dengan persyaratan cukup ketat. Sedangkan penilaian kabupaten sehat, sambung Nyono Suharli Wihandoko, lebih terfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui Forum Kabupaten Sehat.

“Karena masalah kesehatan penyebabnya sangat multi kompleks, dan mempunyai skor yang tinggi jika diselesaikan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat,” tutur Bupati Jombang.

Keberhasilan Kabupaten Jombang meraih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2017, kata Bupati Nyono, menunjukkan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat Jombang tentang pentingnya kesehatan.

Bupati berharap penghargaan ini akan mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan sinergi pembangunan bidang kesehatan, sehingga tercipta peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya yang potensial membentuk kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk membangun paradigma hidup bersih, sehat dan berkualitas guna meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi lebih baik.

“Terima kasih saya sampaikan kepada DPRD, jajaran kesehatan, Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Jombang, TP-PKK Jombang, serta semua stakeholder terkait. Keberhasilan ini adalah berkat kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama kita semua,” jelas Nyono.

Terpisah, drg Inna Silestiyawati selaku Kepala Dinas Kesehatan Jombang mengungkapkan penghargaan yang diraih tersebut tidak lepas dari perhatian Bupati selaku kepala daerah yang tidak henti-hentinya memberikan inspirasi dan inovasi pembangunan di sektor kesehatan. Sehingga berkat komitmen dan dukungan tersebut Jombang berhasil mempertahankan prestasi ini.

“Dan kami dari jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menyampaikan selamat buat Bapak Bupati Jombang atas prestasi ini,” tandasnya.(adv/diskominfo/ar)

Keterangan gambar: Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko.(ist)