JPU Susun Kasasi ke Mahkamah Agung

ADAKITANEWS, Kota Madiun – Usai Hakim Pengadilan Negeri Madiun memvonis bebas terdakwa kasus pencabulan anak dibawah umur, Bayu Samodra Wijaya, 21, warga Jalan Borobudur Kelurahan Patiahan Kecamatan Madiun Lor Kota Madiun, pada sidang yang digelar Senin (10/04) kemarin, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengaku bakal mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Jaksa Penuntut Umum, Moh Hambaliyanto, SH saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, vonis bebas yang berikan oleh Hakim tersebut benar-benar di luar dugaan. “Kami pasti akan melakukan kasasi ke Mahkamah Agung,” jelas Hambaliyato.

Hanya saja Hambaliyanto belum bisa menyampaikan kapan waktu pengajuan kasasi tersebut. Ia berdalih masih perlu dikoordinasikan dengan Tim lainnya. “Sesuai perundangan kami masih memiliki waktu 14 hari untuk menyusun memori kasasi, dan kami tetap optimis karena hasil putusan pengadilan masih diuji oleh tingkat yang lebih tinggi,” lanjut pria yang akrab disapa Hambali ini.

Hambali juga menyampaikan kepada semua pihak untuk selalu taat terhadap hukum meskipun kenyataannya pahit dan tidak sesuai harapan. Tapi dalam bertindak, harus selalu prosedur. “Seperti kasasi adalah langkah sesuai prosedur yang ditempuh Kejaksaan,” pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, oleh JPU terdakwa dituntut dengan 7 tahun penjara karena dianggap melanggar pasal 82 ayat 1 Undang-Undang 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman 5-15 tahun penjara serta denda maksimal Rp 5 miliar, serta pasal 289 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 9 tahun.(bud)

Keterangan gambar : Moh Hambaliyanto SH.(foto: budiyanto)

Recommended For You