ADAKITANEWS, Kota Blitar – Hingga pertengahan Maret 2017 ini, total Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Blitar sudah bertambah hingga 40 orang. Namun jumlah ini masih bisa terus mengalami penambahan, sebelum ditetapkannya kuota oleh pemerintah pusat.

Berdasarkan Data di Kementerian Agama Kota Blitar, hingga pertengahan Maret 2017, total pasti CJH asal Kota Blitar yang akan terbang ke Tanah Suci tahun ini berjumlah 145 orang. Jumlah ini bertambah 40 orang dari yang sebelumnya 105 orang CJH.

“Jumlah itu sebenarnya malah bisa lebih. Kita dapat tambahan dan sudah fix mengurus paspor 40 orang. Yang 105 itu kan dulunya 119, cuma yang 14 mundur karena sakit dan meniggal dunia,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh di Kementrian Agama (Kemenag) Kota Blitar, Muslih kepada Adakitanews.com, Jumat (17/03).

Penambahan kuota 40 orang ini diketahui sudah memenuhi 100 persen kuota calon jemaah haji asal Kota Blitar yang sebelumnya sempat dikurangi 20 persen. “Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebelumnya melakukan pelebaran di Masjidil Haram, sehingga kuotanya dikurangi 20 persen, namun akhirnya dikembalikan utuh lagi karena pelebaran Masjidil Haram sudah selesai,” jelas Muslih.

Jumlah ini masih akan terus bertambah seiring belum ditetapkannya Kuota Lansia dan Kuota tambahan hasil kesepakatan antara Pemerintah RI dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Muslih menambahkan, penambahan kuota hasil kerjasama antara Indonesia dan Saudi Arabia akan diketahui dalam waktu dekat. “Sekarang Menteri Agama masih ke Arab Saudi untuk berbicara masalah MOU itu,” tutupnya.(blt1)