Kabag Hukum Pemkab Sidoarjo Tanggapi Tindakan Oknum Pemdes Yang Nikahi Istri Orang

1249

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Aksi protes dari sejumlah warga Desa Sumokali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo yang meminta agar Kasun, Mas’uli dan Modin, Thoib mengundurkan diri dari jabatannya mendapat tanggapan dari Kabag Hukum Pemkab Sidoarjo, Heri Soesanto.

Tanggapan itu menyusul tindakan kedua oknum perangkat desa yang dianggap oleh warganya mencemarkan nama baik desa. Mas’uli diketahui nekat menikahi ER yang statusnya masih menjadi istri orang. Sedangkan modin Thoib yang menikahkan keduanya, juga sebenarnya tahu bahwa mereka sama-sama memiliki pasangan yang sah.

Heri Soesanto mengatakan, perkawinan dianggap sah jika dilakukan sesuai aturan agama dan negara. “Sesuai UU nomor 1 tahun 1974, perkawinan itu dianggap sah apabila dilakukan menurut agama dan didaftarkan. Namun apabila seorang modin menikahkan siapapun juga tanpa melalui proses sebagaimana Undang-undang tersebut, maka jelas-jelas melanggar hukum dan menyalahgunakan wewenang,” jelasnya kepada Tim Adakitanews.com ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (04/06).

Heri juga menyesalkan tindakan kedua oknum tersebut. Apalagi yang dilakukan jelas melanggar etika sebagai penyelenggara Pemerintah Desa. “Artinya patut diberikan sanksi. Apabila salah satu pihak masih terikat dalam perkawinan maka peluangnya juga melanggar pasal 284 KUHP,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus ini bermula dari temuan warga yang mengetahui adanya pernikahan antara Kasun dengan istri orang lain. Kemudian warga melaporkan kejadian ini ke salah satu tokoh masyarakat, lalu menuntut untuk difasilitasi oleh Pengurus Ranting NU Desa Sumokali, agar mengirim surat kepada Kepala Desa setempat agar Kasun dan dan Modin dicopot dari jabatannya.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak-pihak terkait. Saat Tim Adakitanews.com mencoba menemui Kepala Desa Sumokali, Ahmad Mufid pada Senin (05/06), yang bersangkutan sedang tidak ada di kantornya, begitu pula Kasun Mas’uli dan Modin Thoib.(sid2)

Keterangan gambar : Kabag Hukum Pemkab Sidoarjo, Heri Soesanto.(foto : mus purmadani)