Kediri(adakitanews.com)—-Pada tanggal 21 Mei seluruh masyarakat Indonesia memperingati sosok Pahlawan perempuan yakni, Raden Ajeng Kartini. Tentunya masyarakat ingat perjuangan R.A Kartini dalam memperjuangkan bangsa Indonesia.

Sosok Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu pahlawan bangsa atas jasa membawa dalam kemerdekaan. Sebagai sosok kartini masa kini, juga terdapat di dalam jiwa polisi wanita yang berprestasi.

Seperti yang dilakukan oleh Kompol Eeusebia Torimtubun Lempitenan seorang ibu dan polisi yang berdinas di jajaran Polres Kediri.

Kompol Eeusebia Torimtubun Lempitenan diketahui menjabat sebagai Kabagren Polres Kediri. Ia diketahui sebelumnya pernah menjabat di Kanit II Bagwassidik Ditreskrimum Polda Jatim.

Kompol Eeusebia Torimtubun Lempitenan yang biasa akrab disapa Ibu Sebia menuturkan bahwa seluruh karir yang ia capai saat ini terinspirasi dari Ibu Kartini.

Bagi Kompol Sebi, Kartini merupakan sosok yang mandiri tangguh dan sigap dalam menghadapi segala macam suasana.

“Beliau adalah sosok perempuan yang tangguh dan sigap. Berani melawan penjajah demi memperjuangkan bangsa Indonesia,” tutur Kompol Sebi, Rabu (21/4/2021).

Sosok Raden Ajeng Kartini menjadi contoh kaum perempuan dari masa ke masa hingga saat ini. Sebagai Polwan yang senior di lingkungan Mapolres Kediri ia berharap penuh kepada anggota Polwan lainnya agar mencontoh sosok Raden Ajeng Kartini.

“Harapan saya sebagai polwan bisa bersikap lebih sigap dan terampil sama seperti ibu Kartini tanpa mengenal waktu. Kami sebagai Polwan Indonesia untuk selalu melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat,” ujarnya.

Salah satu bentuk aplikasi yang dilakukan Kompol Sebia adalah cara dirinya membagi waktu antara pekerjaan sebagai abdi negara dengan keluarga. Ia mengaku selalu berusaha membagi waktu layaknya seorang ibu kepada anaknya. Terlebih Kompol Sebi memiliki dua orang anak.

“Anak saya ada dua yang pertama Putra saat ini kelas 3 SMP mau ke SMA. Kemudian yang nomor dua masih duduk di kelas 6 SD dan mau masuk ke SMP,” ungkap wanita asal Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Kompol Sebia tak bisa meluangkan setiap hari waktunya untuk kedua anaknya. Pasalnya ia tinggal di asrama Polres Kediri, sedangkan rumahnya berada di Kabupaten Sidoarjo. Akan tetapi hal ini tak mengurangi peran Kompol Sebi sebagai ibu dari kedua anaknya.

“Setiap hari saya selalu menelfon anak saya mulai pagi sebelum dia beraktivitas. Kemudian sore hari setelah saya kerja, saya telfon lagi anak saya sampai malam,” jelasnya.

“Apalagi anak saya yang SD saat ini mau masuk SMP, saya terus memberikan perhatian seperti dorongan motivasi agar bisa hadapi ujian sekolah dengan baik,” imbuh Kabagren Polres Kediri.

Ia menegaskan bahwa menjadi wanita karir itu juga bisa menjadi Ibu yang baik untuk keluarga. Namun tergantung bagaimana wanita itu mau untuk bisa membagi waktu antara profesionalitas pekerjaan dan keluarga.

“Seperti yang saya sampaikan tadi bawa memaknai Ibu Kartini itu seperti ini. Beliau (Kartini) sebagai sosok yang mandiri dan sigap terhadap segala macam suasana. Kita sebagai wanita bisa kok seperti beliau (Kartini),” pungkas Kompol Sebi.(gar).