Kades Jombang Tak Tahu Status Bangunan Permanen yang Menutupi Aliran Sungai di Wilayahnya

ADAKITANEWS, Jombang – Banjir yang sering terjadi di wilayah Dusun Sawahan Desa Jombang Kecamatan/Kabupaten Jombang diduga diakibatkan karena sistem aliran Kali Bacin yang tidak maksimal. Salah satunya bahkan karena adanya beberapa bangunan permanen yang ada di sepanjang kali tersebut.

Mulyono, 62, Ketua RT setempat menjelaskan bahwa dahulu aliran Kali Bacin kondisinya tidak seperti itu. Kata Mulyono, dulu aliran kali yang tertutupi oleh bangunan permanen tersebut memiliki kedalaman setinggi orang dewasa. “Dulu saya waktu masih muda pernah masuk di bawah bangunan tersebut. Untuk berdiri di bawah situ masih bisa, kalau sekarang mungkin tidak bisa karena sudah banyak sampah dan lumpur yang mengendap karena tidak pernah dikeruk,” ujar Mulyono saat ditemui Tim Adakitanews.com di kediamannya, Jumat (28/04).

Terkait masalah bangunan permanen yang menutupi aliran Kali Bacin tersebut, Kepala Desa Jombang, Endang mengaku tidak mengetahui status bangunannya. Endang juga menambahkan, bahwa bangunan tersebut sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu, jauh sebelum dia menjabat Kepala Desa. Sementara terkait arsip serta berkas dari status perizinan bangunan itu, Endang mengatakan tidak tahu.

“Karena Kali Bacin adalah wewenang dari Dinas PU dan Penataan Ruang (PUPR), maka yang mengetahui status bangunan permanen tersebut adalah Dinas PUPR terkait perizinan bangunan dan sebagainya,” ungkap Endang saat di wawancarai di kantornya.(ar)

Keterangan gambar: Aliran Kali Bacin di Dusun Sawahan Desa Jombang.(foto:adi rosul)

Recommended For You