ADAKITANEWS, Kota Madiun – Sebuah Kampung di tengah Kota Madiun yang awalnya hanya terkesan biasa saja, sekarang berubah menjadi lingkungan yang cantik dan elok untuk dipandang.

=========

Kampung istimewa itu ada di Jalan Jatijajar Gang 3 Kelurahan/Kecamatan Taman Kota Madiun. Perkampungan yang memiliki gang-gang sempit tersebut oleh masyarakatnya diubah menjadi sebuah perkampungan yang cantik dan rapi. Warga secara sukarela bergotong royong mengecat serta melukis puluhan gambar di sepanjang gang tersebut.

Kampung Jatijajar yang masuk wilayah RT 15/RW 5 Kelurahan/Kecamatan Taman tersebut dulunya memang banyak yang menyebut sebagai perkampungan kumuh. Stigma inilah yang akan diubah oleh para warga, menjadi lingkungan Ceria Penuh Warna.

Setidaknya ada 20 rumah yang yang ada dlokasi tersebut yang dicat serta dilukis. Bermacam motif serta corak lukisan yang dibuat warga. Misalnya hewan-hewan seperti burung, ikan koi maupun pemandangan alam serta suasana Madiun tempo dulu. Motif kereta api, penjual pecel, maupun pola-pola lainya yang sangat bervariasi, juga banyak ditemui di kampung tersebut.

Ide perubahan itu berawal dari Ari Kurniawan, warga RT 15/RW 5 Kelurahan/Kecamatan Taman yang mengaku sudah lama mendengar Kampung Jatijajar dianggap kumuh. Oleh karenanya dirinya bersama rekan-rekan sekampung bermusyawarah untuk menjadikan suatu perubahan agar kampung kampung tersebut berubah menjadi lebih indah dan rapi.

“Adanya penunjukan dari Kelurahan agar kampung ini mengikuti atau mewakili dalam lomba kebersihan, maka warga bertekat mengubah wajah kampung ini agar tidak menjadi kumuh lagi,” terang Aris kepada Tim Adakitanews.com, Sabtu (22/07).

Ari juga menyampaikan jika rumahnya sendiri digambar dengan mural berupa sepeda. Juga tak ketinggalan pot-pot kembang di sekeliling rumah dipoles dengan cat berwarna-warni cerah.

Sisi jalanan sendiri tak ketinggalan mendapat sentuhan kuas cat. Jalan gang sepanjang sekitar 300 meter itupun, berubah menjadi cantik penuh warna warni.

“Harapannya dengan adanya perubahan seperti ini, warga di lingkungan ini akan selalu menjaga kebersihan, apalagi dengan cat yang warna warni seperti ini nampak bagus, indah, dan rapi,” harap Ari.

Menurutnya, langkah tersebut merupakan gerakan bersama masyarakat untuk mengubah wajah kampung menjadi elok dan sedap dipandang mata. Sekaligus mengubah stigma masyarakat selama ini.

Ari mengatakan, selama ini untuk kebutuhan cat, makan, minum semuanya dilakukan secara sukarela bersama. “Kebetulan juga kampung ini banyak senimannya, jadi kita berkumpul langsung cari konsep pas untuk menata kampung ini,”kata Ari.(bud)

Keterangan gambar :
Salah satu sudut kampung warna warni. (foto : budiyanto)