ADAKITANEWS, Jombang – Ratusan Warga menyerbu Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang, Jumat (07/04). Mereka memadati ruang pelayanan publik Dispendukcapil guna mengurus surat legalisir Kartu Tanda Penduduk (KTP) hingga Kartu Keluarga (KK), sebagai kelengkapan syarat administrasi pendaftaran calon perangkat desa, hingga 11 April 2017 mendarang.

Tidak sedikit warga yang datang sejak pagi, sebelum Kantor Dispendukcapil buka. Salah satunya warga Desa Diwek, Wahyu Pradana yang mengaku sudah berada di lokasi tersebut sejak pukul 06.00 WIB. Ia sengaja datang lebih awal guna berharap mendapat nomer urut pertama untuk legalisir KTP dan KK. “Saya datang jam 06.00 WIB biar tidak antre lama-lama,” jelas Wahyu Pradana.

Kepala Dispendukcapil Jombang, Achmad Sjarifudin mengatakan bahwa kepadatan para pemohon legalisir itu sudah dimulai sejak tiga hari kemarin. Saking banyaknya pemohon legalisir akta kelahiran, KTP, hingga KK, membuat Dispendukcapil menambah personel untuk memaksimalkan pelayanan.

Achmad Sjarifudin menambahkan, penambahan tenaga diambil dari staf sekretariatan. Diharapkan dengan penambahan itu pelayanan pemohon legalisir bisa dimaksimalkan. “Yang sebelumnya hanya bisa melayani sebanyak 200 warga pemohon, dengan penambahan personel ini diharapkan bisa melayani hingga 500 pemohon dalam sehari,” ungkap Achmad Sjarifudin.(jb2)

Keterangan gambar: Kondisi kantor dispendukcapil Jombang.(foto: adi rosul)