AdaKitaNews Daerah Kantor Imigrasi Bentuk Tim Pengawas Orang Asing

Kantor Imigrasi Bentuk Tim Pengawas Orang Asing

ADAKITANEWS, Tulungagung – Banyaknya Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan pelanggaran imigrasi membuat Kantor Imigrasi Kelas II Blitar membentuk Tim Pengawas Orang Asing di Tulungagung. Tim ini nantinya akan membantu kantor imigrasi untuk mengawasi keberadaan WNA di wilayah Tulungagung.

Berdasarkan data, jumlah WNA di wilayah Blitar dan Tulungagung mencapai 200 orang. Dari jumlah tersebut lima puluh persen lebih berada di wilayah Tulungagung. Mayoritas mereka adalah mahasiswa IAIN Tulungagung, yang berasal dari Thailand. “Hampir 107 WNA di Tulungagung, 80 diantaranya mahasiswa,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, Mulkan Lekat, Selasa (30/08).

Tim Pengawas Orang Asing ini terdiri dari berbagai instansi di Tulungagung. Diantaranya Polisi, TNI, Satpol PP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Dinas Perdagangan. Mereka akan membantu kantor imigrasi untuk melakukan pengawasan WNA di wilayahnya. “Mayoritas para WNA ini lupa untuk mengurus perpanjangan izin kunjungan,” tuturnya.

Mulkan menjelaskan, pembentukan tim pengawas orang asing ini sudah sesuai dengan UU nomor 6 tahun 2011 pasal 69 tentang keimigrasian. Dalam UU tersebut dijelaskan tentang pembentukan tim pengawas orang asing. “Dalam UU tersebut, SK tim ditandatangani oleh kepala kantor imigrasi mewakili Kementerian Hukum dan HAM,” jelasnya.

Dengan pembentukan tim ini, diharapkan mampu mengawasi segala gerak gerik WNA di wilayah Tulungagung. “Ini juga untuk menjaga kedaulatan negara Indonesia,” pungkas Mulkan.(bram)

Keterangan gambar: Suasana rapat pembentukan Tim Pengawas Orang Asing.