ADAKITANEWS, Sidoarjo – Kantor SPBU di Jalan By Pass Juanda milik H Khoirul Anam terbakar, Jumat (14/04) sekitar pukul 10.00 WIB. Kebakaran diduga akibat adanya hubungan pendek arus listrik.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kebakaran bermula saat Sodik, 55, petugas cleaning service SPBU membersihkan ruangan dan melihat ada saluran listrik yang tidak berfungsi. Seketika itu juga ia langsung menghubungi Sugeng, teknisi listrik.

Kemudian saat berada di depan gudang penyimpanan arsip, Sugeng melihat ada asap yang keluar dari dalam gudang. Ia bersama Sodik dan karyawan lainnya langsung mengambil apar (alat pemadam,red) untuk memadamkan api. Namun sayang, apar tidak berfungsi dan api malah membesar serta merambat ke ruangan lain.

Melihat kondisi itu, Sugeng panik dan akhirnya menghubungi PMK Tropodo dan PMK Sidoarjo yang sekitar 20 menit kemudian datang membawa 4 mobil PMK dan melakukan pemadaman serta pembasahan di gedung tersebut.

Atas kejadian tersebut, arsip yang tersimpan di dalam gudang akhirnya ludes terbakar berikut kaca gedung yang sebagian besar pecah. Beruntung, empat unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Sidoarjo segera diterjunkan ke lokasi, sehingga api bisa dipadamkan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Muh Anwar Nasir, dan Wakapolresta Sidoarjo, AKBP Indra Mardiana yang datang ke lokasi mengatakan, akibat kebakaran ini untuk sementara waktu aktivitas di SPBU diberhentikan, sambil menunggu proses pemasangan kabel listrik yang sempat terbakar dan diganti dengan kabel yang baru.

“Apar sebagai pencegahan awal kebakaran, harus tersedia, dan kedaluwarsa Apar juga diperhatikan. Jadi kalau dibuat untuk memadamkan, berfungsi dengan baik,” katanya.

Mantan Kapolres Nganjuk ini juga menyarankan agar masalah instalasi listrik yang sering menyebabkan kebakaran, benar-benar diperhatikan oleh masyarakat.
“Instalasi listrik yang ada di rumah, kantor maupun lainnya, harus benar-benar standar. Mulai kabel yang ada, stop kontak dan lainnya, semuanya harus terpasang dengan bagus, dan aliran listrik yang ada, tidak menimbulkan korsleting atau hubungan arus pendek yang bisa menimbulkan kebakaran,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan gambar: Kantor SPBU di Jalan By Pass Juanda yang terbakar. (bawah) Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Muh Anwar Nasir bersama Wakapolresta Sidoarjo, AKBP Indra Mardiana saat meninjau lokasi kebakaran(ist)