ADAKITANEWS, Sidoarjo – Lebih dari 10 ribu buruh asal Kabupaten Sidoarjo diberangkatkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin untuk menyuarakan aspirasinya ke kantor Gubernur Jawa Timur, Minggu (01/05) siang. Selain dikawal oleh ratusan petugas kepolisian, rombongan juga dikawal langsung oleh Kapolres Sidoarjo, AKBP Anwar Nasir.

Dengan mengendarai sepeda motor, AKBP Anwar Nasir memimpin rombongan hingga menuju pintu masuk Kota Surabaya. AKBP Anwar mengatakan, polisi adalah mitra buruh dan akan ikut mengawal seluruh kegiatan buruh dengan harapan tetap menjaga keamanan dan keselamatan.

Sebelum berangkat, AKBP Anwar sempat mengimbau kepada seluruh buruh untuk tetap mengenakan helm saat berkendara menuju Surabaya. Alasannya adalah demi keselamatan buruh serta menunjukkan kepada masyarakat bahwa buruh juga selalu menaati peraturan lalu lintas. “Saya minta nanti rekan-rekan buruh tetap menggunakan helm hingga ke Surabaya. Soalnya tadi saya lihat ada yang membawa helm tapi tidak dipakai,” ujarnya.

Instruksi tersebut ternyata langsung direspon oleh para buruh. Helm yang sebelumnya hanya ditaruh di kendaraan kemudian dipakai oleh para buruh menuju Surabaya.(kur)

Keterangan gambar: Kapolres Sidoarjo, AKBP Anwar Nasir saat mengawal ribuan buruh dalam peringatan May Day di Sidoarjo.(foto: kurniawan)