ADAKITANEWS, Tulungagung – Ratusan pelajar tingkat menengah atas beserta pegiat otomotif mengkuti apel besar pelopor keselamatan berlalulintas 2018, Kamis (22/02).

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Rakyat Tulungagung ini merupakan salah satu bagian dari upaya pihak kepolisian melakukan sosialisasi untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar menyatakan, apel tersebut bertujuan sebagai peringatan kepada seluruh masyarakat pentingnya kesadaran berlalu lintas, serta pencanangan hari keselamatan berlalu lintas.

“Kita libatkan ratusan pelajar karena kebanyakan pelanggaran lalu lintas didominasi pelajar, atau mereka yang berusia 16 sampai 21 tahun,” kata Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar.

Lanjut Kapolres, tingginya angka kecelakaan yang melibatkan usia produktif menjadi keprihatinan dari berbagai pihak. Data Dirlantas Polda Jatim mencatat, pada tahun 2017 di Jawa Timur terjadi 24.560 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 5.499 orang. Sementara data kasus kecelakaan di Polres Tulungagung, tercatat 123 kasus, dengan korban mayoritas adalah usia produktif, dan 28 persennya berstatus pelajar atau usia sekolah.

Apel besar pelopor keselamatan berlalu lintas 2018 ini juga dihadiri Pjs Bupati Tulungagung, Jarianto, Pejabat Dirlantas Polda Jatim, dan Kasat Lantas dari berbagai daerah diantaranya Jombang, Kediri, Blitar, Trenggalek, dan Nganjuk.(bac)

Keterangan gambar : Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar saat menyematkan pin pelopor keselamatan berlalu lintas kepada perwakilan peserta.(foto : acta cahyono)