ADAKITANEWS, Sidoarjo – Lebih dari 3.000 warga di Kabupaten Sidoarjo datang dan berkumpul di Lapangan Jenggolo Kecamatan Gedangan, Sabtu (19/11) pagi. Mereka hadir dalam acara Bakti Sosial Kesehatan Polri, dengan agenda khitanan massal, operasi katarak, serta operasi bibir sumbing.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, Polri sengaja menggelar agenda-agenda yang bersifat humanis kepada masyarakat, salah satunya Bakti Sosial Kesehatan pagi itu. “Jadi Polisi jangan sok-sok hanya tangkap maling, rampok. Tetapi juga harus bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang menyentuh masyarakat,” ujarnya.

Jenderal Bintang Empat itu juga menambahkan, salah satu yang dianggap penting oleh Polri saat ini adalah masalah kesehatan dan bantuan pangan. “Makanya sekarang kita laksanakan kegiatan secara nasional, bakti sosial dalam bentuk kesehatan dan bantuan pangan di seluruh Polda,” imbuhnya.

Dalam acara Bakti Sosial Kesehatan di Kabupaten Sidoarjo tersebut, Jenderal Polisi Tito Karnavian juga mengapresiasi Polda Jatim yang telah melibatkan hampir 400 dokter dan lebih dari 200 perawat. “Saya mengapresiasi sekali kepada Jawa Timur karena merupakan yang terbesar. Dengan melibatkan 400 orang dokter, 200 perawat lebih, dan yang ikut operasi katarak ada 202 orang, puluhan orang ikut operasi bibir sumbing, dan ribuan orang mendapat bantuan,” pungkasnya.

Kapolri berharap, dengan digelarnya kegiatan tersebut, hubungan antara pemerintah, masyarakat, dan Polri semakin erat. “Saya berharap kepada masyarakat untuk bisa ikut membantu menjaga keamanan. Karena keamanan tidak bisa dikerjakan oleh Polisi sendiri. Harus ada dukungan dari seluruh pihak, dan paling utama adalah dari masyarakat sendiri,” tutupnya.

Sementara, Roshan, salah satu warga asal Kecamatan Tulangan mengaku senang dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut. Roshan merasa terbantu lantaran bisa memeriksakan kesehatannya. “Senang saja. Soalnya bisa periksa kesehatan gratis,” ujarnya.(ak1/kur)

Keterangan gambar: Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian saat meninjau salah satu ruang pemeriksaan kesehatan.(foto: kurniawan)