ADAKITANEWS, Kediri – Nurmala Sari, warga Kelurahan Bandar Lampung Kecamatan/Kota Bandar Lampung terpaksa harus mendekam di balik jeruji besi Mapolres Kediri lantaran terbukti menggunakan nama dan foto Kasatreskrim Polres Kediri, AKP M Aldy Sulaiman untuk melakukan penipuan hingga ratusan juta rupiah.

Di hadapan petugas Nurmala mengaku melakukan penipuan dengan cara menyaru nama Kasatreskrim Polres Kediri, M Aldy Sulaiman melalui media sosial. Ia mengaku, mengambil foto profil perwira tersebut dari akun instagram.

Nurmala juga mengatakan, aksi penipuan itu dilakukan atas dasar bujuk rayu suaminya, Sang Sang, yang saat ini sedang menjalani hukuman di Lapas Klas IIA Kalianda Lampung lantaran tersandung kasus penggelapan mobil.

Selain Nurmala, Polres Kediri juga mengamankan Muhit Efendi, warga Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Lampung Selatan Kota Bandar Lampung. Ia ikut diringkus lantaran bertugas sebagai penadah. “Saya sebenarnya tidak tahu apa-apa, sebab ditangkap karena saya meminjam uang kepada Nurmala Sari yang ternyata uang itu hasil dari menipu orang,” cakapnya di hadapan petugas saat pers rilis di Mapolres Kediri, Senin (07/08) sore.

Kapolres Kediri, AKBP Sumaryono mengatakan, pihaknya hingga kini masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus tersebut. Dugaan saat ini masih ada lagi jaringan pelaku yang lain.

“Untuk tersangka utama atau otaknya adalah SS, kami sudah mengajukan permohonan ke Menkumham untuk kita tarik di Kediri. Supaya diproses secara hukum yang berlaku. Kita masih menunggu kemungkinan ada laporan yang lain, kasus yang sama. Selain itu kami juga koordinasi dengan Polres-Polres, Polda-Polda yang lain juga, untuk segera mengungkap seluruh jaringan ini,” ujarnya.

Sementara itu barang bukti yang diamankan dari kedua pelaku ini adalah 4 buah ponsel, 3 buku rekening, 2 buah kartu ATM, sebuah Tab merek Adam, 1 buah lemari es, serta uang tunai sebesar RP 146 juta.(udn)

Keterangan gambar : Kedua pelaku beserta barang bukti di Mapolres Kediri.(foto:fasihhuddin kholili)