ADAKITANEWS, Sidoarjo – Kasus dugaan pungutan liar (Pungli) program bantuan Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) tahun 2016 untuk 214 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Desa Gamping Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo kini naik status dari penyelidikan (lid) ke penyidikan (dik).

Hal ini disebabkan lantaran tim penyidik, memiliki keyakinan kuat dalam kasus penerimaan dan pembagian bantuan Rp 2,5 juta per RTSM dalam bentuk sembako, becak motor, dan peralatan kerja lainnya itu, benar-benar terindikasi dugaan penyimpangannya.

“Sudah naik ke penyidikan perkara dugaan pungutan Jalin Matra Desa Gamping,” terang Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Adi Harsanto , Kamis (14/09).

Lebih jauh Adi mengatakan, lantaran perkaranya sudah naik ke penyidikan, maka para saksi yang diperiksa baik dari kalangan pelapor, penerima bantuan, maupun dari panitia serta Kades dan Perangkat Desa Gamping, nantinya juga akan diperiksa dalam tahap penyidikan.

“Sampai saat ini, baru masuk penyidikan umum. Jadi memang belum ada tersangkanya. Karena kami mencari dugaan tindak pidana dan penyimpangannya serta siapa yang paling bertanggung jawab dalam perkara ini,” tegasnya.

Oleh karenanya, tim penyidik meminta warga bersabar dalam proses penyidikan perkara ini. Selain itu, tim penyidik membutuhkan waktu dalam pencarian keterangan dan bukti dugaan penyimpangan perkara ini. “Sabar dulu. Nanti kalau sudah positif pasti akan ada calon tersangkanya,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun Tim Adakitanews.com, setelah memeriksa sejumlah warga penerima bantuan, tim penyidik Pidana Khusus Kejari Sidoarjo akhirnya memeriksa Kepala Desa, Mantan Kades, serta 3 orang Perangkat Desa Gamping Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo pada Kamis (07/09) lalu.

Mereka ditanyai tim penyidik diantaranya Wido Utomo, Guntur Arief Wicaksono, Wahyu dan Betty mengenai potongan Rp 300.000 per penerima bantuan dalam program Jalin Matra Tahun 2016 dengan jumlah penerima yakni mencapai 214 orang.

Para pejabat yang diperiksa penyidik itu diantaranya, Kades Gamping, Subandi, mantan plt Kades, Probo, serta Perangkat Desa Gamping, Mariono beserta rekan-rekannya.(pur)

Keterangan gambar : Kasi Pidsus Kejari Sidoarjo, Adi Harsanto (dok. Adakitanews.com)