Kasus Ledakan Petasan di Badas Kediri, Polisi Tetapkan Satu Tersangka

Kediri(adakitanews.com)—Kasus ledakan petasan yang mengakibatkan satu rumah hancur dan 5 orang terluka di Dusun Balong Cino Desa Blaru Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, pihak kepolisian menetapkan satu tersangka.

Penetapan tersangka itu disampaikan langsung oleh Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Totok Suharyanto usai meninjau lokasi tempat kejadian perkara, Sabtu (30/4/2022).

“Setelah olah TKP dan penyisiran dari Brimob, satu orang telah diamankan berinisial F dan rencananya hari ini akan dilakukan proses penahanan,” jelas Kombes Pol Totok.

Dikatakan Kombes Pol Totok, tersangka F berperan sebagai pembeli dan pemilik bahan petasan yang meledak. Tak hanya itu, F juga salah satu dari kelima korban petasan pada peristiwa, Jum’at (29/4/2022) malam. Akan tetapi kondisi F tidak parah, hanya lecet pada bagian kaki.

“Dia ini mempekerjakan empat korban untuk meracik dan merakit petasan, saat kejadian F ada dilokasi dan saat ini sudah di amankan di Polres Kediri,” tambahnya.

Mengenai kondisi korban, Kombes Pol Totok merinci, bahwa dari lima orang korban, sebanyak empat orang di antaranya telah dievakuasi pada Jumat malam (29/4/2022).

“Kini mereka sedang dalam tahap perawatan dan penyembuhan di rumah sakit Bhayangkara Kediri,”katanya.

Masih kata Kombes Pol Totok, dari hasil ini, nantinya akan dilakukan pengembangan secara runtut untuk mengetahui sumber bahan petasan itu berasal.

“Untuk pengembangan kasus masih dikembangkan dan di back up langsung dari direktorat kriminal umum Polda Jatim,” terangnya.

Kemudian, terkait dengan asal bahan baku petasan, pada saat ini masih dilakukan pengembangan oleh petugas. Namun, dari keterangan tersangka, ia membeli melalui online.

Ke depan, ia mengimbau, masyarakat tidak boleh lagi bermain dengan petasan. Hal itu karena bertentangan dengan hukum dan jika nanti muncul kejadian bisa menimbulkan korban.

“Anjuran ini kami himbau kepada warga, karena pada kurun waktu awal puasa sampai sekarang, Polda Jatim dan jajaran telah mengamankan barang bukti kasus ledakan petasan di 34 lokasi, dengan menangkap 54 tersangka, sekaligus 400 Kilogram petasan dan hampir seluruhnya sudah dimusnahkan,”ungkap Kombes Pol Totok.(Gar).

Recommended For You