ADAKITANEWS, Kediri – Liburan Natal dan akhir tahun ini, kawasan wisata Air Terjun Irenggolo dan Dholo di Kabupaten Kediri banyak didatangi para pelancong dari luar kota. Mulai dari wisatawan asal Surabaya bahkan hingga Papua.

Koordinator objek wisata Irenggolo dan Dholo, Piryono mengatakan, saat liburan Natal dan tahun baru kali ini yang datang banyak didominasi wisatawan luar kota. “Yang jelas pengunjung disini banyak yang dari luar Kota, jumlahnya ratusan,” ujarnya.

Piryono juga menjelaskan, jumlah pengunjung yang datang ke kawasan wisata Air Terjun Irenggolo dan Dholo saat liburan ini, yakni mulai tanggal 24 Desember hingga saat ini sudah mencapai kurang lebih 3.000 orang. “Perinciannya mulai tanggal 24 dewasa 504, anak 26. Tanggal 25 dewasa 1.082 dan untuk anak 24. Tanggal 26, dewasa ada 1.236 orang, anak 39. Dan disini buka dari jam 7 sampai dengan jam 4 sore,” ucapnya.

Meski daya tarik wisata yang cukup tinggi, Piryono tetap mengimbau kepada para wisatawan untuk lebih waspada saat berlibur di kawasan Irenggolo dan Dholo. Pasalnya curah hujan yang cukup tinggi sering kali menyebabkan angin kencang dan juga rawan longsor.

“Untuk saat ini ada beberapa titik yang longsor tapi hanya skala kecil dan itu masih bisa ditangani oleh rekan-rekan yang menjaga di area sini,” tambahnya.

Ditemui di kawasan wisata Dholo, Nahdiyatul Istiqomah salah satu pengunjung asal Papua menyatakan dirinya tertarik dengan kawasan wisata ini karena pemandangan yang indah, dan bagus untuk berfoto. “Selain tempatnya indah, disini juga disediakan tempat untuk berfoto,” ungkapnya.(kdr1)

Keterangan gambar: Area air terjun Irenggolo yang didatangi wisatawan.(foto:muchlis ubidhillah)