ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kediri Memorial Park yang berada persis di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Joyoboyo Kota Kediri akhirnya diresmikan, Minggu (17/12). Tak hanya dijadikan sebagai simbol semata, rencananya nama-nama pahlawan yang dimakamkan di TMP juga bakal ditulis di atas grafir taman agar jasa serta pengabdian mereka bisa terus dikenang oleh seluruh generasi penerus bangsa.

Walikota yang akrab disapa Mas Abu itu menyampaikan, Kediri Memorial Park merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan, yang telah gugur demi Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Lokasi Kediri Memorial Park ini sudah sangat pas. Ada di depan Taman Makam Pahlawan agar kita selalu ingat jasa para pahlawan,” ujarnya.

Mas Abu juga kembali mengingatkan tentang pesan yang disampaikan Presiden RI pertama, Ir Soekarno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan jasa para pahlawannya. “Jas Merah, jangan pernah melupakan sejarah,” ujar Mas Abu.

Untuk terus mengenang jasa para pahlawan, rencananya seluruh nama-nama pahlawan yang dimakamkan di TMP Joyoboyo juga akan dituliskan di atas grafir di area Kediri Memorial Park. “Nanti rencananya akan kita tuliskan nama para pahlawan di grafir-grafir Kediri Memorial Park, agar generasi penerus kita bisa terus mengetahui dan mengenal para pahlawan yang telah berjuang demi kita,” ujarnya.

Meski kini telah menjadi salah satu objek favorit di Kota Kediri, Mas Abu tetap mewanti-wanti agar keberadaan Kediri Memorial Park tidak dipakai untuk kegiatan-kegiatan negatif.

“Saya lihat disini juga sering ada adik-adik yang main disini. Ada juga yang diskusi dan belajar bersama, yang memberikan pertunjukkan dan kreasi disini juga ada. Semuanya kegiatan yang baik,” ujarnya.

Untuk diketahui, peresmian taman yang kini sudah menjadi salah satu objek singgahan wisata di Kota Kediri itu, dilakukan secara langsung Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, disaksikan oleh para anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Kediri, Kapolresta Kediri, sekaligus ratusan masyarakat Kota Kediri. Mas Abu pun berharap agar nantinya taman tersebut bisa membawa keberkahan khususnya untuk seluruh masyarakat di Kota Kediri.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Peresmian Kediri Memorial Park.(dok. Humas Pemkot Kediri)