Kejaksaan Pulangkan Ratusan Berkas Dari Kepolisian

unduhan (15)@dakitanews Kediri – Ratusan Kasus Perkara yang diajukan Kepolisian Kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri yang dikembalikan ke pihak penyidik dengan alasan berkas tak memenuhi syarat. Dalam catatan pihak kejaksaan Dalam periode belum genap satu tahun terdapat 107 berkas yang dikembalikan.

Hal tersebut dikatakan Erwin, selaku Kepala seksi pidana Umum Kejaksaan Negeri Ngasem. Penolakan berkas yang disodorkan oleh penyidik Polres Kediri tersebut dikarenakan kurang memenuhi syarat, baik materiil maupun formil. Padahal berkas itu nantinya akan digunakan sebagai dasar penuntutan.

Pengembalian ratusan berkas tersebut dilakukan setelah diteliti secara detail oleh Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri. Namun Erwin enggan menjelaskan sebab-sebab seringnya kesalahan dan tindak pidana apa saja yang sering mengalami perbaikan.

Dia hanya menjelaskan bahwa berkas yang kurang atau masih terdapat kesalahan tersebut harus secepatnya dibenahi untuk dapat segera dilakukan proses penunututan. “Sejumlah berkas yang dikembalikan tersebut harus segera dibenahi untuk dilakukan proses penuntutan,” terang Erwin.

Lebih detail dia menjelaskan bahwa selama satu tahun sejak Januari hingga Desember Kepolisian telah menyetor sebanyak 732 Kasus dan 107 kasus yang dikembalikan. Selanjutnya Erwin memaparkan jumlah kasus tersebut terdiri dari tiga kategori, diantaranya Pidana Kamtibmas, Pidana tertentu dan Pidana Khusus.

“Sesuai data, jumlah perkara yang di sidik kepolisian mulai Januari hingga Desember sebanyak 732 kasus”, ujar Erwin.

Selain itu Erwin juga menambahkan bahwa kebanyakan kasus yang terjadi di wilayah Hukum Kediri adalah kasus Perjudian, Penyalahgunaan Obat, serta kekerasan pada perempuan dan anak, tanpa menyebut kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Sementara, pihak polres Kediri hingga kini belum bisa di konfirmasi. Saat dikonfirmasi via phonselnya, Kasubag Humas Polres AKP Indono Heroe Joedo tidak menjawab. (ys/bimo).

Keterangan Gambar :

Recommended For You