Kejaksaan Segera Tentukan Tersangka Kasus PDAU

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, M Sunarto menegaskan bahwa kasus dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) sudah semakin jelas. Bahkan dalam waktu dekat, Kajari juga bakal menentukan calon tersangkanya.

Dikonfirmasi Tim Adakitanews.com, M Sunarto mengatakan, tim penyidik bakal melaksanakan gelar perkara dan ekspose hasil pemeriksaan serta penyidikan. Setelah itu, langsung ditentukan siapa saja yang bertanggungjawab dalam penyimpangan pengelolaan keuangan itu sekaligus ditentukan siapa saja tersangkanya dalam perkara ini.

“Karena sudah jelas semuanya, secepatnya pasti akan kami tentukan para calon tersangkanya,” katanya, Senin (24/04).

Mantan Kajari Jombang ini juga mengatakan pihaknya telah menyita sejumlah berkas saat penggeledahan di Kantor PD Aneka Usaha pada Kamis (20/04) lalu sebagai barang bukti. “Banyak kejanggalan yang kami temukan terkait dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan tersebut. Seluruh dokumen sangat mendukung hasil penyidikan kami,” terangnya.

Sunarto mengatakan, rencananya pihaknya juga akan memeriksa pegawai PD Aneka Usaha yang lain seperti Kabag Administrasi Umum, Siti Winarni, Kepala Unit Properti, Imam Djunaedy maupun Unit Percetakan, Ach Atho’illah. Bahkan tim penyidik juga bakal memeriksa para Dewan Pengawas (Dewas) PD Aneka Usaha yang rata-rata pejabat eselon di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

Pria yang juga mantan Aspidsus Kejati Gorontalo ini menambahkan, pihaknya bakal memeriksa lagi para pejabat PT Lapindo Brantas Inc, BBG, PT DTA, SKK Migas serta sejumlah perusahaan lainnya yang bekerjasama dengan PD Aneka Usaha.

“Kalau kemarin hanya dimintai keterangan karena masih tahap penyelidikan, kali ini semua diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan PD Aneka Usaha selama 6 tahun terakhir,” tegasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Kajari Sidoarjo, M Sunarto.(foto : mus purmadani)

Recommended For You