Kejari Dalami Peruntukan Uang Rp 75 Juta yang Dikembalikan Kabag Hukum

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Meski tiga pejabat PD Aneka Usaha sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan, namun hingga kini Kejaksaan Negeri Sidoarjo masih mendalami kasus dugaan penyelewengan pengelolaan keuangan di perusahaan ber plat merah itu. Salah satunya uang senilai Rp 75 juta yang dikembalikan oleh Kabag Hukum Pemkab Sidoarjo pada Senin (15/05) lalu.

Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, M Sunarto mengatakan pihaknya masih mendalami peruntukkan uang Rp 75 juta ini. Salah satunya kemungkinan bahwa uang tersebut merupakan uang milik PD Aneka Usaha yang diperuntukkan bagi pejabat dan anggota dewan.

“Sudah kami rapatkan dengan penyidik tentang hal ini. Kami masih mendalami mengenai kuintansi Rp 75 juta dari PD Aneka Usaha untuk oknum pejabat Pemkab dan oknum anggota DPRD Sidoarjo. Ada dugaan merekayasa keterangan peruntukkan uang dari perusahaan milik Pemkab Sidoarjo itu. Kami minta semua jujur tanpa merekayasa keterangan. Karena tindakan pidana dibungkus perdata hutang piutang juga tetap didalami kebenarannya. Kami juga minta agar siapa pun yang menerima uang PD Aneka Usaha secepatnya mengembalikan ke penyidik,” katanya ketika dihubungi Tim Adakitanews.com melalui telepon selulernya, Senin (22/05).

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabag Hukum Pemkab Sidoarjo, Heri Soesanto menjelaskan bahwa sebelumnya Dirut PDAU meminjam uang kepadanya senilai Rp 75 juta. Kemudian dikembalikan oleh Amral dari uang milik badan usahanya. “Uang Rp 75 juta ini merupakan uang utang Direktur PD Aneka Usaha, Amral Soegianto kepada saya. Namun uang tersebut milik Badan Usaha bukan uang pribadi,” jelasnya Heri.

Heri juga mengaku bahwa dialah yang memberikan uang pinjaman itu kepada Amral, dan menegaskan bahwa uang tersebut adalah murni pinjaman. “(Saya, red) memang pernah meminjami nominalnya Rp 75 juta. Kalau kuitansi saya itu murni pinjaman,” imbuhnya.(sid2)

Keterangan gambar : Kabag Hukum Pemkab Sidoarjo, Heri Soesanto.(foto : mus purmadani)

Recommended For You