ADAKITANEWS, Jombang – Kemacetan saat arus mudik tidak hanya terjadi di jalan nasional maupun jalan provinsi. Namun, jalan alternatif pun juga terkena dampak kemacetan. Salah satunya seperti yang terlihat di simpang tiga Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang pada H-1 lebaran atau Sabtu (24/06), atau tepat di depan Mapolsek Sumobito.

Berdasarkan pantauan Tim Adakitanews.com di lapangan, kemacetan di wilayah tersebut berada di perlintasan palang pintu kereta api dekat Stasiun Sumobito. Ironisnya saat itu, tidak ada satupun anggota kepolisian yang tampak mengatur arus lalu lintas di titik macet tersebut.

Hanya terlihat beberapa anggota pramuka dari pangkalan Kwartir Ranting Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Sementara di Mapolsek sendiri, hanya ada beberapa anggota kepolisian yang sedang piket jaga.

Seperti yang diungkapkan oleh anggota pramuka yang turut mengamankan kemacetan, Febri, 21, yang menjelaskan bahwa kemacetan memang sering terjadi di wilayah itu. Sedangkan jika terjadi kendala, mereka baru akan berkomunikasi dengan Polsek dan Koramil setempat.

“Jika nanti dalam pengamanan, jika terjadi kendala maka kita akan berkomunikasi dengan Polsek dan Koramil setempat, ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Kapolsek Sumobito, AKP M Agus S Sos mengatakan bahwa pihaknya telah menggerakkan 14 anggotanya untuk membantu di luar Kecamatan Sumobito, sedang sisanya untuk melayani masyarakat di Mapolsek Sumobito. “Kami menggerakkan 14 anggota untuk backup di luar Kecamatan Sumobito. Sisanya berada di Mapolsek untuk pelayanan masyarakat,” ungkap AKP M Agus pada Tim Adakitanews.com, saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu (24/06).

Ia juga menambahkan, bahwa penumpukan kendaraan di simpang tiga Sumobito masih terhitung normal. Sebab di wilayah tersebut terdapat perlintasan kereta api dan juga dekat dengan pasar Sumobito. Jikapun terjadi kemacetan, itu hanya bersifat sementara dan terkondisikan. “Untuk wilayah tersebut memang sering terjadi penumpukan tetapi hal tersebut bukan menjadi permasalahan sebab bersifat sementara. Jika terjadi permasalahan maka kami akan turun,” papar Kapolsek Sumobito.(ar)

Keterangan gambar: Kondisi kemacetan di simpang tiga Sumobito.(foto:adi rosul)