Kemenag Blitar Akan Cairkan KIP Senilai Rp 7,4 Miliar

ADAKITANEWS, Blitar – Siswa-siswi di lembaga pendidikan lingkup Kementerian Agama, seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliah (MA) akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, tahun ini Pemerintah Pusat melalui Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar bakal menggelontorkan bantuan untuk siswa miskin, melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Humas Kemenag Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi mengatakan, tahun ini masing-masing tingkatan mulai dari MI hingga MA, bakal menerima bantuan program KIP. Menurut dia, jumlah total bantuan yang akan disalurkan mencapai Rp 7,4 miliar. Dengan rincian, untuk tingkat MI jumlah anggaran yang disediakan yakni Rp 3 miliar, untuk tingkat MTs Rp 3 Miliar, dan untuk tingkat MA Rp 1,4 Miliar.

“Artinya, masing-masing tingkatan sudah dianggarkan sendiri. Yang paling terendah yakni tingkat MA,” ungkapnya, Sabtu (03/06).

Sedangkan untuk jumlah siswa-siswi penerima bantuan program KIP, lanjut Jamil, yang terbanyak yakni di tingkat MI dengan rincian jumlah penerima mencapai 6,767 siswa. Sementara untuk tingkat MTs jumlah penerima 4,011 siswa, dan tingkat MA jumlah penerima mencapai 1.437 siswa.

“Untuk jumlah penerima, tingkat MI paling banyak dan tingkat MA paling rendah,” katanya.

Jamil menjelaskan, saat ini untuk program KIP di tingkat MI swasta, sebagian sudah tersalurkan. Sedangkan untuk MI negeri, masih belum. Namun, dalam waktu dekat, semua anggaran akan dibagikan, baik di lembaga pendidikan swasta maupun negeri dan tingkat MI hingga MA. “Untuk saat ini, memang sudah ada yang disalurkan dan belum, tapi dalam waktu dekat akan dibagikan semuanya,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Salah satu Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Recommended For You