ADAKITANEWS, Jombang – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB ) menyatakan pelayanan publik pada tubuh Polri mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB RI pada kunjungan kerjanya di Kabupaten Jombang dan peresmian Gedung Sabhara Polres Jombang, Jumat (22/12).

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB RI, Prof Dr Hj Diah Natalisa, MBA, mengungkapkan bahwa peningkatan pelayanan tersebut khususnya ada pada pelayanan dasar publik. Dan hal itu, diketahui setelah Kementerian PAN-RB melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di setiap daerah di Indonesia.

“Kami sudah melakukan Monev di 72 Kabupaten/Kota di Indonesia terkait pelayanan dasar publik, dan salah satunya pelayanan dari Polri. Disitu, pelayanan publik pada tubuh Polri terdapat kenaikan yang cukup signifikan,” ungkap Prof Dr Hj Diah Natalisa, MBA.

Meningkatnya pelayanan publik di Polri tersebut, menurut Prof Dr Hj Diah Natalisa, dipengaruhi oleh terobosan program-program dari Kapolri yang mendorong perubahan pelayanan menjadi lebih baik. “Berbagai terobosan muncul, ini saya kira menjadi fokus visi dan misi pimpinan Polri dalam program Promoternya, yang menjadikan kepolisian yang profesional, modern dan terpercaya,” tandasnya.

Sementara, Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto juga menyampaikan bahwa program Promoter sudah dijalankan dengan baik di Polres Jombang. Bentuk usaha dalam memperbaiki pelayanan publik di wilayah hukum Polres Jombang, juga dikatakannya sudah memiliki program-program unggulan.

“Di Polres Jombang ini, kami memiliki terobosan program dalam meningkatkan pelayanan publik, seperti pelayanan berbasis IT yang terdiri dari punish buttom, touch smart dan SIM online serta STNK online. Dan juga kita manfaatkan hubungan kerjasama dengan TNI dan Pemerintah Kabupaten dengan membuat 3 pilar dengan maksimalkan Kamtibmas,” pungkas Kapolres.(ar)

Keterangan gambar: Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB RI, Prof Dr Hj Diah Natalisa, MBA, saat meresmikan gedung Sabhara Polres Jombang.(foto:adi rosul)