ADAKITANEWS, Kota Kediri – Puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXIV digelar di Balaikota Kediri, Senin (11/09). Kemeriahan semakin terasa setelah tampilnya beberapa cabang olahraga diantaranya ju-jitsu, drumband, senam atletik dan panahan.

Sesuai dengan tema Haornas tahun ini yakni “Olahraga Menyatukan Kita”, Wakil Walikota Kediri, Lilik Muhibbah mengatakan bahwa olahraga merupakan salah satu alat pemersatu bangsa. “Olahraga merupakan alat pemersatu. Jadi, tepat apabila Hari Olahraga Nasional hari ini mengambil tema olahraga menyatukan kita,” ujarnya.

Wawali yang akrab disapa Ning Lik ini juga menambahkan, pihaknya telah menggelontorkan dana APBD kepada KONI, agar bisa bisa berkembang dan melakukan pembinaan kepada atlet-atletnya secara maksimal. “Kami menggelontorkan APBD agar KONI Kota Kediri bisa lebih baik dan atlet-atlet di Kota Kediri bisa berprestasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Kediri, I Gusti Gede Heru Marwanto menambahkan, untuk tahun ini KONI Kota Kediri mendapatkan bantuan APBD dari Pemkot Kediri sebesar Rp 10 miliar. Dana tersebut, nantinya akan dipakai untuk memajukan seluruh cabang olahraga di Kota Kediri.

“Rp 10 M itu kita sebar ke 37 cabang olahraga yang ada di Kota Kediri. Juga untuk pemusatan latihan-latihan, pemberian penghargaan bagi atlet-atlet berprestasi, perbaikan kantor, pengadaan alat-alat olahraga, dan juga persiapan Pekan Olahraga Kota Kediri,” ujarnya.

Heru menambahkan, potensi olahraga ini akan menyatukan bangsa. Dan melalui event Haornas, KONI bisa melakukan mengevaluasi tentang keberhasilan olahraga di Kota Kediri.

Kata Heru, Kota Kediri saat ini menjadi kota terbaik nomor dua se-Jatim dalam bidang olahraga, dan juga mendapatkan penghargaan sebagai kota yang peduli olahraga.

Diketahui, dalam upacara Haormas ke-34 ini, Wawali juga menyerahkan penghargaan kepada atlet-atlet berprestasi diantaranya Ficky Supit Santoso, peraih dua medali perunggu di Sea Games 2017, Ayu Fitriani dari cabang olahraga atletik juara dua ASEAN School di Singapore, Nikmatul Sholikhin, Wushu juara 1 kejurnas di Semarang, Alvin Bayu Yulianto dari cabor renang juara satu kejurnas di Palembang, Paramitha dari cabor Karate juara satu O2SN di Surabaya, Miftahul Roifa juara satu panjat tebing di kejurda Surabaya, Johan Prasetyo juara satu sepakbola Popda, dan Dwinda Abi Permanadari cabor atletik ASEAN School.(adv/hms/kdr1)

Keterangan gambar: Wakil Walikota Kediri, Hj Lilik Muhibbah saat menyerahkan penghargaan kepada atlet berprestasi. (bawah) Ketua KONI Kota Kediri, IGG Heru Marwanto mencoba cabor panahan.(foto: muchlis ubaidillah)