ADAKITANEWS, Jombang – Ada pemandangan yang tidak biasa pada tahapan pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Rabu (10/01). Salah satu bakal paslon yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta Pilkada Jombang, datang ke kantor KPU dengan mengayuh becak.

Bakal paslon tersebut yakni Syafi’in-Choirul Anam. Paslon yang diusung oleh PDI-P dengan didukung oleh Partai Hanura dan PKPI serta PBB ini mendatangi ke KPU Jombang dengan mengendarai becak yang dikendarainya sendiri, dengan Choirul Anam yang merupakan bakal calon Wakil Bupatinya menjadi penumpang becak.

Syafi’in mengayuh becak mulai dari Taman Ringincontong ke kantor KPU Jombang yang berjarak sekitar 10 kilometer, diikuti oleh ratusan relawan dan pendukungnya.

Ditemui saat jumpa pers, Syafi’in mengatakan bahwa kedatangannya ke kantor KPU dengan mengendarai becak tersebut sengaja dilakukan untuk mengenang masa lalunya.

“Saya dulu tukang becak. Saya 3-4 tahun sekolah di Surabaya karena bapak saya orang miskin dan kehidupan saya saat itu kurang beruntung, karena tidak ada modal saya mbecak (jadi tukang becak). Jadi saya mengenang masa kecil saya,” ungkap Syafi’in.

Syafi’in yang diketahui sebelumnya menjabat sebagai Perwira Polri ini, sengaja melepas masa jabatannya guna mengabdikan diri ke masyarakat. “Karena panggilan hati. Saya putera daerah Jombang ingin membantu mensejahterakan masyarakat Jombang yang selama ini masih ada kekurangan-kekurangan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, paslon Syafi’in-Choirul Anam sebelum mendaftarkan diri ke KPU Jombang terlihat melakukan blusukan ke pasar tradisional di Jombang guna mengetahui permasalahan rakyat pada Selasa (09/01).(ar)

Keterangan gambar: Syafi’in terlihat mengayuh becak denga Choirul Anam yang menjadi penumpangnya.(foto:adi rosul)