Kepala BPIP RI Beri Penguatan Ideologi Pancasila di IAIN Kediri

Kediri(adakitanews.com)—Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasia (BPIP), Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A. pH.D mendorong dosen dan seluruh civitas akademika agar terus menjadi teladan di masyarakat yang mencintai tanah air.

Hal itu ia sampaikan saat orasi kebangsaan terkait penguatan ideologi Pancasila dan Moderasi beragama di kampus IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Kediri, Senin (22/8/20222).

Dalam acara tersebut turut hadir Ketua DPRD Kab/Kota Kediri, Tokoh Agama Kab/Kota Kediri, Tokoh Masyarakat Kab/Kota Kediri, mahasiswa serta Dosen dan Rektor IAIN Kediri.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasia (BPIP), Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A. pH.D menyampaikan nilai-nilai Pancasila penting untuk dipahami para dosen yang membentuk karakter anak-anak bangsa, terlebih sebagai generasi muslim Indonesia.

“Generasi muslim Indonesia tumbuh sebagai generasi yang cinta tanah air dan Pancasilais, sebagai salah satu implementasi ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa,” katanya.

Beliau juga menjelaskan sejarah islam sejak jaman para nabi yang mengandung nilai-niai Pancasila. Tidak hanya itu sejarah panjang kemerdekaan Indonesia oleh nenek moyang yang juga patut disyukuri.

Dia mencontohkan jika proklamasi di Indonesia adalah proklamasi terhebat dalam sejarah umat manusia. Sebab menurutnya proklamasi tersebut muncul saat perang dunia berlangsung.

Itu sebabnya, Yudian bahkan menegaskan dengan kaya ilmu pengetahuan semua orang tidak boleh melawan negara termasuk mengganti ideologi negara bangsa Indonesia.

“Umat muslim juga harusnya menjadi orang-orang yang religius dan nasionalis, jadi tidak boleh melawan negara,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Kediri, Dr Wahidul Anam M. Ag dalam sambutannya mengaku pembinaan Ideologi Pancasila bagi civitas akademika sangat diperlukan di dalam era ini.

Untuk mendukung program tersebut, pihaknya juga tengah membentuk lembaga untuk kegiatan yang bernilai Pancasila seperti berdirinya moderasi beragama.

“Hari ini sekaligus kita akan launching Pusat studi pancasila dan rumah Moderasi agama untuk penguatan Pancasila di kampus ini,” ungkapnya.

Beliau bahkan mengajak kepada seluruh dosen agar mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Mata kuliah yang yang sudah diberikan, perlu diaplikasikan, oleh dosen maupun mahasiswa kita,” jelasnya.(Gar).

Recommended For You