ADAKITANEWS, Tulungagung – Terhitung sejak Kamis (15/02), Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo dan Wakil Bupati Maryoto Birowo secara resmi telah menjalani masa cuti. Syahri Mulyo merupakan satu dari empat kepala daerah di Jawa Timur yang mengajukan cuti karena maju dalam Pilkada serentak 2018.

Terkait dengan non aktifnya Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, akhirnya berdasar surat keputusan nomor 131.35-260 tahun 2018, Mendagri menunjuk Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Jarianto sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tulungagung hingga akhir masa jabatan Bupati pada 30 April 2018 mendatang.

Pengukuhan Jarianto sebagai Pjs Bupati Tulungagung dilakukan di Gedung Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, oleh Gubernur Jatim, Soekarwo pada Rabu (14/02) kemarin. Jarianto yang asli warga Trenggalek ini menyatakan dirinya masih akan berkoordinasi dengan Dinas-dinas terkait tentang langkah yang akan dilakukan.

“Perlu koordinasi terlebih dahulu, agar mengetahui arah program pembangunan di Tulungagung. Saya baru hari ini tiba di Tulungagung,” kata Jarianto, Kamis (15/02).

Menurut Jarianto, koordinasi lintas sektor sangat penting dilakukan mengingat APBD tahun 2018 sudah berjalan. Selain itu Jarianto juga sudah dipesan oleh Gubernur Jatim, Soekarwo, untuk membantu kelancaran pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Kepala Daerah di daerahnya masing-masing. Termasuk menjaga agar jangan sampai ASN terlibat dalam politik praktis, dan menjaga netralitas.(bac)

Keterangan gambar : Jarianto saat dikukuhkan sebagai Penjabat Sementara Bupati Tulungagung oleh Gubernur Soekarwo.(ist)