ADAKITANEWS, Jombang – PG Djombang Baru dan PG Tjoekir sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang masuk dalam wilayah PTPN X menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang dalam membantu menyelesaikan persoalan-persoalan perdata dan tata usaha negara dikemudian hari.

Kesepakatan kerjasama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani antar pimpinan. Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di gedung pertemuan PG Djombang Baru, yang dihadiri langsung oleh General Manajer (GM) PG Djombang Baru, Edwin Ristanto ST dan GM PG Tjoekir, Benny Basuki Suryo ST, serta Kepala Kejaksaan Negeri Jombang, Syarifuddin SH MH beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Edwin Ristanto mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya penandatanganan MoU tersebut agar ada payung hukum yang jelas untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dikemudian hari. “Kami dari PG Djombang Baru bersama PG Tjoekir dan Kejaksaan Negeri Jombang, sepakat bekerjasama dalam bidang hukum perdata dan tata usaha negara, agar saling mengenal dalam membangun persamaan sampai masuk kedalam ikatan hukum,” ungkapnya, Rabu (15/11).

Hal senada juga disampaikan oleh GM PG Tjoekir, Benny Basuki Suryo, bahwa MoU tersebut sengaja dilakukan dengan tujuan untuk menyelesaikan segala masalah sengketa tanah dan aset milik PG. “Karena beberapa aset milik PG banyak yang dikuasai oleh masyarakat, dengan kesepakatan kerjasama yang dituangkan dalam MoU ini diharap bisa menjadi payung hukum dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Jombang, Syarifuddin menyepakati dan menyambut penandatanganan MoU tersebut. Ia mengatakan bahwa MoU ini merupakan sebuah awal untuk kedua belah pihak (PG Djombang Baru dan PG Tjoekir, red) melangkah kedepan.

“Pada penandatanganan MoU sebagai kesepakatan kontrak yang dilakukan antara Kejaksaan, PG Djombang Baru dan PG Tjoekir bertujuan untuk menyelesaikan apabila mengalami masalah,” tuturnya.(adv/pg djombang baru/ar)

Keterangan gambar: Penandatanganan MoU antara PG Djombang Baru dan PG Tjoekir serta Kejaksaan Negeri Jombang.(ist)