Ketersediaan Darah di PMI Kabupaten Kediri Menipis

Kediri(adakitanews.com)—Ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia Kabupaten Kediri semakin menipis. Faktornya, peminat pendonor darah berkurang.

Untuk mencukupi kebutuhan darah PMI Kabupaten Kediri menggelar aksi donor darah di Rumah Sakit Aura Syifa di Desa Karangrejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri pada Kamis (10/6/2021).

Pelaksanaan kegiatan donor darah itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan donor darah itu diikuti karyawan Rumah Sakit dan masyarakat sekitar.

Hari Cahyo Purnomo Petugas UPTD PMI Kabupaten Kediri mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak rumah sakit yang bersedia menfasilitasi proses donor darah.

Proses pelaksanaan donor darah di Rumah Sakit Aura Syifa ini sudah memenuhi syarat. Salah satunya pendonor yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

“Kami berterimakasih kepada pihak rumah sakit dan masyarakat umum yang tergerak hatinya untuk mendonorkan darahnya,” ucap Hari Cahyo.

Diungkapkan Hari Cahyo, stok darah saat ini yang tersedia di PMI Kabupaten Kediri masih belum aman dan kebutuhannya sangat besar.

Sehingga dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Pihaknya sangat mendukung partisipasi masyarakat bila ingin mendonorkan darahnya. Salah satunya dengan menghubungi PMI melalui Call Center atau datang ke kantor PMI Kabupaten Kediri.

“Kita sangat senang dan membuka siapa saja yang berkeinginan untuk mendonorkan darahnya,” tuturnya.

Selanjutnya Fedho Pradistiya salah seorang pendonor menyampaikan bahwa pentingnya melakukan donor darah untuk membantu warga yang butuhkan darah.

Ia mengungkapkan melakukan donor darah sejak SMA, dan selalu rutin setiap 4 bulan sekali melakukan donor darah.

“Saya sudah terbiasa dan rutin melakukan donor darah. Kalau rasanya tidak sakit seperti digigit semut, penting sebelum melakukan donor harus sarapan dulu biar tidak pusing,” jelasnya.(gar).

Recommended For You