ADAKITANEWS, Blitar – Ambil alih kewenangan terminal dari Kabupaten Blitar ke Provinsi Jawa Timur (Jatim) sudah dilakukan. Hanya saja, kewenangan yang diambil alih hanya terhadap terminal bertipe B yang ada di Kecamatan Kesamben.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar, Toha Mashuri yang mengungkapkan bahwa proses perpindahan kewenangan tersebut sudah berlangsung. “Prosesnya sudah selesai. Dan sekarang terminal tipe B di Kabupaten Blitar sudah resmi menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jatim,” ungkapnya saat diwawancara Tim Adakitanews.com, Senin (03/04).

Toha menuturkan, untuk Kabupaten Blitar saat ini hanya berwenang terhadap terminal yang bertipe C saja. “Kita hanya mengelola terminal yang tipe C. Untuk terminal yang bertipe A, tentunya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Dan Kabupaten Blitar sampai saat ini belum punya terminal tipe A,” jelasnya.

Toha menambahkan, perpindahan kewenangan ini juga diikuti oleh pemindahan pegawai.

Untuk diketahui, terminal di Kabupaten Blitar yang bertipe C ada 3, yakni berada di Kecamatan Kademangan, Sutojayan, dan Wlingi. Sedangkan yang bertpe B hanya di Kecamatan Kesamben.(blt2)

Keterangan gambar: Toha Mashuri, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)