2016-02-03_13.58.53ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kementrian Sosial sudah mendistribusikan Kartu Indonesia Sehat di setiap daerah. Di wilayah Kediri sudah ada 1.618.560 jiwa. Guna mempermudah keluhan masyarakat, BPJS Kesehatan menyiapkan Posko Pemantauan dan Penanganan Pengaduan Distribusi Kartu Indonesia Sehat – Penerima Bantuan Iuran (P3DKIS-PBI).

Dalam konfrensi pers, Posko Pemantau Penanganan Pengaduan Distribusi Kartu Indonesia Sehat – Penerima Bantuan Iuran (KIS-PBI) berlangsung di kantor cabang BPJS Kediri, Rabu (03/02). Sejumlah instansi secara khusus dihadirkan guna memberikan pemahaman yang konkrit terhadap masyarakat. Turut hadir, Dinas Kesehatan Kota Kediri, JNE, Staf Kesra Pemkot Kediri, Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), dan juga Dispenduk Capil Kota Kediri.

BPJS Kesehatan Cabang Kediri wilayah kerjanyanya meliputi Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kota Kediri, dan Kota Blitar. Total peserta KIS-PBI di wilayah Kantor Cabang Kediri sejumlah 1.618.560 jiwa.

Hernina Agustin Arifin Kepala Cabang Kediri menjelaskan, jumlah peserta tersebut, per Januari tahun ini sudah menerima KIS-PBI. Data yang digunakan, Hernina menambahkan, penerima KIS-PBI masih menggunakan data Jamkesmas tahun 2015 dan dicetak langsung oleh konsorsium Pusat dan BPJS Kesehatan.

“Data jumlah peserta penerima KIS-PBI sesuai dengan SK Mensos nomor : 170/HUK/2015. Alhamdulillah sudah terdistribusikan semua,” jelas Hernina Agustin

Sementara, untuk mempermudah peserta KIS-PBI baik konsultasi maupun pengaduan permasalahan, pihak BPJS sudah menyiapkan sejumlah posko pemantaun atau P3DKIS. Selain pengaduan, fungsi dari posko ini diantaranya memantau progres distribusi KIS kepada penerima manfaat (end user –red), juga untuk menangani keluhan peserta dan/atau masyarakat terkait dengan distribusi KIS.

“Biasanya, yang berpotensi bermasalah itu peserta pindah domisili, peserta sudah meninggal atau peserta yang sudah tidak miskin lagi dan permasalahan distribusi lainnya. Silahkan, peserta datang ke posko P3DKIS di semua wilayah terutama wilayah kerja Kantor Cabang Kediri sudah ada,” jelas Hernina Agustin

2016-02-03_13.59.20Lebih lanjut Hernina menegaskan, bagi peserta yang berhak mendapatkan KIS-PBI tidak dipungut biaya terkait distribusi. Hernina menghimbau jika terdapat pungutan biaya, pihaknya meminta agar dapat melaporkan ke P3DKIS. “Itu juga kenapa kita sediakan posko pemantauan. Agar masyarakat peserta KIS-PBI lebih mudah dan segera mendapatkan pelayanan,” pungkasnya.

Selain menyediakan P3DKIS, BPJS sudah menyediakan petugas-petugasnya di setiap Rumah Sakit Daerah (RSUD) untuk pengaduan peserta BPJS.(adv/zay)

Keterangan Gambar : Konfrensi Pers P3DKIS BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kediri