Kisah Sukses di Balik Crazy Socks

547


New York. John Cronin tidak pernah membiarkan disabilitas membatasi dirinya. Laki-laki berusia 22 tahun dari Long Island, New York, itu terlahir dengan Down Syndrome, gangguan genetika yang menyebabkan keterbelakangan fisik dan intelektual. Dengan dukungan keluarga, Cronin bekerja sama dengan ayahnya 18 bulan lalu untuk merintis bisnis. Tapi bukan sembarang bisnis. John menjual kaus kaki dengan merk Crazy Socks yang bisnisnya kini bernilai $4 juta dolar.

Setelah lulus SMA, John Cronin ingin sekali memulai bisnis dengan ayahnya, Mark Cronin.

“Saya ingin menjual kaus kaki. Kenapa kaus kaki? Karena menyenangkan, berwarna-warni. Saya senang berkreasi, dan saya ingin melihat barang-barang yang indah. Saya bisa menunjukkan siapa saya,” kata John Cronin, pendiri John’s Crazy Socks.

Sejak meluncurkan John’s Crazy Socks, duo ayah-anak ini sangat sibuk. Wajah John ada di video perusahaan dan promosi. John juga bertugas mengumpulkan pesanan. Sementara Mark menangani aspek teknis bisnis, seperti akuntansi, mengelola inventaris, dan kepegawaian.

“Kami mampu membuka 35 lapangan pekerjaan – 18 diantaranya diisi oleh orang-orang dengan disabilitas. Kami menggalang lebih dari $135 ribu untuk mitra-mitra amal kami,” kata Mark Cronin, yang juga sekaligus pendiri John’s Crazy Socks.

Contoh-contoh kaus kaki yang dirancang oleh John Cronin, penyandang Drown Syndrome dipajang di kantor John’s Crazy Socks di Melville, New York, 23 Juli 2018. John adalah pendiri John’s Crazy Socks, toko kaus kaki online yang mendonasikan sebagian hasil penjualan kaus kaki untuk membantu organisasi untuk para difabel.

John dan Mark berusaha membuat setiap kaus kaki yang dijual spesial. Mereka melakukan pengiriman langsung ke rumah-rumah di wilayah Long Island. Tapi bagi mereka yang tinggal lebih jauh, John melakukan sesuatu yang unik. Dia menyertakan sepucuk surat pribadi di dalam setiap kotak.

“Pelanggan kami puas. Kami mendapat lebih dari 10 ribu ulasan online – 96 persen diantaranya memberi lima bintang atau penilaian sangat positif. Dan kami telah melakukan banyak pekerjaan, banyak bisnis. Kami telah mengirim lebih dari 115 ribu pesanan dan memperoleh penghasilan lebih dari $4 juta,” kata Mark.

John’s Crazy Socks tidak hanya menebarkan kebahagiaan lewat kaus kaki, perusahaan itu juga menebarkan kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan. Lima persen dari keuntungan disalurkan kepada Olimpiade Khusus, dan perusahaan itu juga menyumbang ke Perhimpunan Down Syndrome Nasional dan Asosiasi Anak-anak Penderita Down Syndrome. Itu membuat para pendirinya merasa sangat bahagia, dan mereka ingin orang lain merasakan hal yang sama. (FIR)

Foto: Reuters