KNPI Kota Kediri Tanam Ratusan Pohon di Area Sumber Mata Air

Kediri(adakitanews.com)—Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam utamanya di daerah sumber mata air. Upaya KNPI tersebut mengajak para Masyarakat khusunya pemuda untuk peduli terhadap lingkungan.

” Sekitar 150 peserta dari elemen kepemudaan hadir dalam kegiatan konservasi kali ini,” ucap Ketua Pelaksana Dimas Ribut Sandy Pradipta, Minggu (26/6/2022).

Menurutnya, untuk jenis tanaman yang di tanam yakni pohon Trembesi 200 batang, Mahoni 100 Mangga 50 batang, Bambu 50 batang, Nangka 50 batang.

Alasannya menanam sejumlah pohon tersebut khususnya tanaman Trembesi, disinyalir oleh sebagian masyarakat pohon tersebut bisa menyimpan cadangan air.

Sedangkan pohon Mangga dan Nangka bila berbuah hasilnya bisa dinikmati sejumlah Satwa Primata yang berada di sekitar lokasi.

Lanjut Dimas mengatakan, dipilihnya lokasi sumber tretes yang berada di lembah Gunung Klotok Kota Kediri dikarenakan sebagai salah satu sarana warga sekitar untuk memanfaatkan airnya dalam keseharianya.

” Karena sejak dulu masyarakat telah memanfaatkan sumber mata air yang digunakan warga Kota Kediri untuk minum dan kebutuhan sehari-harinya, ” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Kota Kediri Reza Darmawan menyampaikan, pihaknya mengelar kegiatan rutin yang setiap tahunnya digelar di Sumber Banteng Kota Kediri, sebagai salah satu upaya pemuda untuk peduli lingkungan dan alam sekitar.

Dipilihnya, Sumber Tretes di Kawasan Gunung Klotok Kota Kediri sebagai lokasi konservasi secara tidak langsung juga bertujuan untuk mengenalkan salah satu potensi aset daerah yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Terlebih dalam kegiatan kali ini juga turut hadir pihak Pemkot Kediri dalam hal ini diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) dan Dinas budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dalam mendukung suksesnya kegiatan.

” Tentu hal ini menjadi suatu kesempatan istimewa dengan kehadiran beliau, semoga kolaborasi ini bisa terlaksana secara terus menerus, dalam hal kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar, ” jelasnya.

Lanjut Bung Reza, menambahkan, sebagai warga kota kediri dia mengaku baru pertama kali berkunjung ke lokasi Sumber Tretes dan kesan selama melakukan perjalanan pendakian ke lokasi sekitar 2 kilometer, dirinya sangat takjub dengan pesona alam yang disuguhkan.

” Sebagai warga Kediri saya sendiri baru datang kesini, jadi sangat menarik buat teman-teman untuk liburan. Allhamdulilah respon peserta yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan kali ini, “paparnya.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri, Anang Kurniawan. Ia menuturkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada KNPI Kota Kediri dibawah kepemimpinan Reza Darmawan sebagai wujud nyata pemuda untuk peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar dengan cara menanam ratusan pohon di area Sumber Tretes.

Selama melakukan pendakian dan menyusuri aliran sungai Sumber Tretes, ia kagum dengan kondisi alam disekitar lokasi penanaman.

” Ya sangat istimewa sekali, sesuai yang telah disampaikan Mas Reza ini merupakan pengalaman pertama kali kami datang kesini, dan ternyata asyik sekali ada batu-batuan kemudian tanjakan tentunya kawasan ini bisa menjadi salah satu tempat untuk healing ( berlibur. red), ” tuturnya.

Pegawai Dinas yang akrab disapa Anang juga menyampaikan, kegiatan KNPI sangat positif. Karena, sebagai upaya melestarikan alam dan lingkungan juga dapat menghidupkan kembali sumber mata dan debet air yang berada di Sumber guna kepentingan warga sekitar.

Selain itu juga sekaligus sebagai sarana edukasi masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan alam dengan sebaik-baiknya. “Karena saat ini air di Sumber Tretes masih dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari yang di kelola oleh PDAM Kota Kediri, ” terangnya.

Terakhir dirinya menambahkan, di Wilayah Kota Kediri banyak terdapat kawasan sumber mata air, yang secara keseluruhan masih dimanfaatkan oleh warga sekitar baik sebagai minum maupun menunjang area persawahan warga.

” Sumber mata air ada banyak, dan salah satunya di Sumber Tretes yang langsung dimanfaatkan oleh warga secara kesehariannya, “pungkasnya.(Gar).

Recommended For You