ADAKITANEWS, Sidoarjo – Menjelang Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72, Kodim 0816/Sidoarjo mengibarkan Bendera Merah Putih raksasa berukuran 9×16 meter di tower provider dengan ketinggian 62 meter di kawasan Dusun Kemambang RT 4/RW 1 Kelurahan Pucang Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, Selasa (15/08).

Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf Fadli Mulyono mengatakan, pengibaran bendera raksasa ini merupakan ide Panglima Kodam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko‎ untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI yang nilai-nilainya dapat dirasakan masyarakat. “Pengibaran bendera ini diawali dengan pengibaran di Makodam V Brawijaya kemudian diikuti oleh jajaran Makodam V Brawijaya sebanyak 33 Kodim se-Jawa Timur,” jelasnya.

Tower tersebut dipilih karena selain tinggi juga terletak di tengah kota. “Sebenarnya di seluruh jajaran Kodim Sidoarjo sudah kami intruksikan. Tapi, saya lihat yang paling tinggi towernya disini, sehingga kami lakukan seremoninya disini,” katanya.

Menurut Letkol Inf Fadli Mulyono, secarik kain warna merah putih yang dikibarkan setiap 17 Agustus tersebut, merupakan bukti perjuangan dari para pahlawan tepat pada 72 tahun silam. “Meskipun kain tersebut bisa luntur, tapi semangat kita tidak boleh luntur. Pengibaran bendera raksasa ini mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa momen 17 Agustus bukan hanya menghormat kepada bendera, tetapi juga menghormati jasa-jasa para pahlawan dan tetap menyemayamkan semangat merah putih dalam jiwa raga kita,” pungkasnya.(pur)

Keterangan gambar : Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf Fadli Mulyono saat mengibarkan bendera.(foto: mus purmadani)