ADAKITANEWS, Kota Kediri – Puluhan anak punk menyatakan komitmennya untuk turut serta berperan aktif dalam mengentaskan maraknya anak jalanan (anjal) di Kota Kediri. Pernyataan komitmen ini di ucapkan dihadapan Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar sebelum melaunching Rumah Karya Anak Punk di Lingkungan Jara’an Kelurahan Pojok Kota Kediri, Selasa (08/04).

Revi Pandega mengomando teman-teman anak punk lainnya mengucapkan komitmen mereka membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri khususnya dalam mengentaskan anak-anak jalanan dari penyakit sosial. Terdapat tiga poin diantaranya, mendukung program Pemkot Kediri terhadap perlindungan anak. Yang kedua, bersama Pemkot Kediri, mereka akan membantu untuk mengentaskan anak-anak yang berada di jalanan. Dan yang terakhir, mereka bersama Pemkot Kediri siap melakukan pembinaan kepada anak-anak jalanan.

Puluhan anak punk ini akan mendapat pendidikan khusus di Rumah Karya Anak Punk yang baru saja di launching oleh Mas Abu (sapaan akrab Walikota Kediri). Rumah karya itu merupakan rumah kedua (setelah Rumah Bumi Asri) yang dikhususkan untuk mendidik anak-anak jalanan atau anak punk. Menurut Mas Abu, rumah-rumah kreatif itu bisa menjadi solusi bagi masyarakat dan khususnya anak punk di Kota Kediri agar tetap optimis menatap masa depan.

“Rumah kreatif ini merupakan langkah Pemerintah untuk mengatasi anak putus sekolah. Karena, nantinya mereka akan mendapat pendidikan seperti pendidikan keterampilan, pendidikan mental dan English massive (emas). Mereka juga akan diikutkan dalam ujian kesetaraan, paket A, B atau kejar paket C nantinya,” ujar Mas Abu.

Mas Abu berharap, dengan adanya rumah kreatif itu Pemerintah Kota Kediri tidak hanya mengurangi angka anak putus sekolah tapi juga mampu memberi edukasi serta dapat menumbuh kembangkan kreatifitas anak punk.

Siswanto Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri mengungkapkan terdapat lebih dari 30 anak punk yang berada di rumah karya tersebut. Selain fasilitas dari dinas Pendidikan, pihaknya juga tidak menuntut kemungkinan ada fasilitas dari Dinas Sosial seperti pelatihan-pelatihan kekaryaan.(adv/hms/zay)

Keterangan Gambar : Pernyataan komitmen anak punk dan Launching Rumah Karya Anak Punk di Lingkungan Jara’an Kelurahan Pojok Kota Kediri.(foto : Zayyin)