ADAKITANEWS00282.MTS_00000417500279.MTS_00000229600276.MTS_000002549, Jombang – Puluhan anggota komunitas lintas agama di Kabupaten Jombang menuntut agar Kabareskrim Mabes Polri dan BG dicopot dari jabatannya di korp baju cokelat. Mereka juga menggelar doa bersama mendukung langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberantas korupsi.

Aksi orasi dan doa bersama antar tokoh lintas agama itu digelar di halaman Gereja Kristen Indonesia (GKI) di jalan Buya Hamka Kota Jombang. Berbagai poster terpampang mendukung perjuangan KPK, serta tuntutan agar BG dan Kabareskrim dicopot dari jabatanya.

“Kami membela KPK dan menuntut agar Presiden membatalkan BG jadi Kapolri serta mencopot Kabareskrim dicopot dari jabatannya, agar konflik ini segera selesai,” tegas Aan Anshori, Koordinator Forum Lintas Agama Jombang.

Anshori mengatakan, KPK harus segera diselamatkan dari upaya pelemahan dan penghancuran oleh pihak yang berkepentingan. Menurut Anshori KPK merupakan tulang punggung bangsa Indonesia untuk memberantas korupsi.

Penangkapan dan Wakil Ketua KPK, Bambang Wijayanto oleh Bareskrim Mabes Polri Jumat lalu dinilai sebagai salah satu bukti upaya pelemahan KPK. Terlebih, Bambang telah ditetapkan sebagai tersangka menjadi dugaan kuat terhadap upaya tersebut.

“Kami mendukung sepenuhnya upaya KPK memberantas korupsi. Kami meminta seluruh partai politik dan Polri untuk menghentikan upaya politisasi dan kriminalisasi komisioner KPK,” lanjut Anshori.

Aksi ditutup dengan penggalangan tanda tangan dukungan pada KPK. Mereka meminta pada Presiden Joko Widodo segera turun untuk menyelesaikan persoalan ini dengan tegas tanpa terpengaruh segala bentuk tekanan pihak yang menghendaki hancurnya KPK. (Hanif).

Keterangan Gambar : Aksi yang dilakukan Komunitas Lintas Agama Jombang saat menggelar dukungan kepada KPK