ADAKITANEWS, Kota Blitar – Menjelang hari Raya Idul Adha 1438 H, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, baik kambing maupun sapi di Pasar Hewan Dimoro Kota Blitar, Kamis (24/08).

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kota Blitar, M Chisni Purnama mengatakan, pemeriksaan ini sudah dilakukan secara rutin. Selain dalam rangka mendekati hari raya Idul Adha, pihaknya juga harus memastikan hewan-hewan yang diperjualbelikan dalam keadaan sehat.

“Memang ada beberapa luka-luka kecil. Tapi itu tidak berdampak pada kualitas daging. Luka-luka itu bisa dikarenakan lalat atau luka karena saat angkutan di kendaraan,” kata Chisni setelah pemeriksaan, Kamis (24/08).

Meski ada penemuan luka-luka ringan, namun Chisni memastikan kondisi hewan yang diperjualbelikan di Pasar Dimoro ini dalam kondisi sehat alias aman.

Selain melakukan pemeriksaan kondisi hewan, juga dilakukan pemberian vitamin. “Kita juga sudah melakukan pemeriksaan pada pengepul hewan yang ada di Kota Blitar. Dan hasilnya semua hewan Kurban dalam kondisi sehat,” terangnya.

Chisni menambahkan, untuk stok hewan kurban yang ada masih cukup untuk memenuhi kebutuhan di Kota Blitar. Dikatakannya, di Pasar Dimoro ini penjualan hewan di pasaran legi mencapai 800-900 ekor sapi. Sedangkan untuk kambing separuhnya. “Kalau pas pasaran pon penjualan di Pasar Dimoro hanya sekitar 400 ekor sapi, dan sekitar 2000 ekor kambing,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pedagang kambing, Edi Suroso mengaku senang dengan pemeriksaan ini. Menurutnya, dengan pemeriksaan ini kondisi hewannya akan sehat. Namun demikian, diakuinya pemeriksaan seperti ini baru kali ini dilakukan.

“Jelang Idul Adha ini ada kenaikan harga mencapai 20 sampai 30 persen. Semoga pemeriksaan kesehatan ini terus dilakukan dan rutin, agar hewan saya sehat dan otomatis akan berpengaruh dengan harga,” terang Edi.(fat/wir)

Keterangan gambar: Proses pemeriksaan hewan di pasar dimoro Kota Blitar.(foto : fathan)