ADAKITANEWS, Sidoarjo – Proses penghitungan ulang dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Ketegan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo akhirnya siap digelar pada Kamis (14/07) besok. Hal itu lantaran kondisi di wilayah setempat dianggap telah kondusif serta adanya jaminan keamanan dari kepolisian untuk mengawal kegiatan tersebut.

Pelaksanaan penghitungan ulang itu rencananya akan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Tanggulangin sekitar pukul 09.00 WIB. Panitia akan menghitung kembali 824 surat suara yang pada pelaksanaan Pilkades serentak akhir Mei lalu dinyatakan tidak sah.

Camat Tanggulangin, Sentot Kunmardiyanto saat dikonfirmasi wartawan mengaku sudah menerima pemberitahuan terkait pelaksanaan penghitungan ulang itu. Selain situasi dinilai sudah konfusif, kegiatan tersebut dilaksanakan setelah adanya kesanggupan dari panitia untuk melakukan penghitungan ulang.

“Benar, penghitungan ulang akan digelar Kamis (14/07) besok di Kantor Kecamatan Tanggulangin. Sebagai pemangku wilayah, kami juga mengetahui kondisi di lapangan. Rekomendasi dewan untuk menunda (penghitungan ulang,red) juga sudah dilaksanakan. Namun tidak ada surat lagi yang masuk, ya kita laksanakan. Panitia juga sudah menyatakan kesanggupan untuk melaksanakan,” ujar Sentot, Rabu (13/07) siang.

Selain itu, dilaksanakannya penghitungan ulang juga lantaran adanya jaminan keamanan dari pihak kepolisian dengan mengerahkan sebanyak 350 personel Polri. “Kami sudah mendapatkan informasi dari Kapolres, akan mengerahkan sekitar 350 Polisi,” imbuh Sentot.

Diketahui sebelumnya, pelaksanaan penghitungan ulang memang sempat ditunda dari jadwal semula, yakni pada Selasa (12/07) lantaran adanya rekomendasi dari Komisi A DPRD Sidoarjo dengan pertimbangan situasi yang tidak kondusif.(kur)

Keterangan gambar: ilustrasi surat suara.(google.com)