KONI Kab Kediri Lakukan Evaluasi Pasca Porprov 2022

Kediri(adakitanews.com)—Pasca perhelatan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kediri langsung melakukan evaluasi beberapa cabang olahraga (cabor).

Hal itu dikarenakan Kabupaten Kediri belum berhasil memenuhi target yakni masuk 10 besar, dan hanya finish di urutan ke 22. Dengan posisi tersebut, Kabupaten Kediri hanya berhasil meraih 9 emas, 12 perak dan 9 perunggu.

Ketua KONI Kabupaten Kediri, Dedi Kurniawan menyampaikan ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab kegagalan di Porprov Jatim 2022, salah satunya ada sejumlah cabang olahraga baru yang tidak diikuti oleh kontingen Kabupaten Kediri.

“Kami mohon maaf kepada warga Kabupaten Kediri, karena target kami belum terpenuhi. Tapi yang jelas kami akan melakukan evaluasi besar-besaran untuk Porprov 2023 mendatang,” katanya, Selasa (19/7/2022).

Meski target belum terpenuhi, raihan medali dan poin yang didapat kabupaten Kediri, menurut Dedi sebenarnya lebih banyak dari perhelatan Porprov sebelumnya.

Di Porprov sebelumnya Kabupaten Kediri membawa pulang 10 emas, 6 perak dan 9 perunggu. Dedi mengungkapkan KONI Kabupaten Kediri telah mempersiapkan rencana evaluasi baik dari segi pembinaan ataupun cabang olahraga.

“Ada beberapa kendala yang mungkin menjadi alasan kami untuk evaluasi, satu adanya nomor atau cabor baru yang dipertandingkan tapi kami belum punya (atlet). Ada sekitar 15 cabor yang kita belum punya. Jadi kemarin di Porprov ada 48 cabang olahraga sementara Kabupaten Kediri hanya 33 cabor,” paparnya.

Untuk pembinaan sendiri, KONI Kabupaten Kediri bakal meningkatkan SDM pelatih sementara dari cabang olahraga, KONI mengaku akan segera berburu atlet untuk cabor baru dengan potensi medali tinggi.

“Untuk pelatih, kami akan mencoba untuk memperbaiki SDM pelatih di Kabupaten Kediri karena support science yang kami pakai ternyata belum masih bisa diterima mungkin juga kami juga akan mencoba untuk rekrutmen pelatih-pelatih luar sebagai motivasi, pelatih yang ada di Kabupaten Kediri,” ungkapnya.

Sebagai tambahan, pada Porprov Jatim 2022, Tarung Derajat menjadi penyumbang emas terbesar Kabupaten Kediri dengan 4 Emas, 2 Perak dan 2 Perunggu. Di tempat kedua disusul wushu dengan 1 emas, 2 perak, 2 perunggu, lalu dari aeromodeling dengan 1 emas, 1 perunggu, dan 1 perak.(Gar).

Recommended For You