ADAKITANEWSKONTES KAMBING ETAWA 4-1KONTES KAMBING ETAWA 1-1, Nganjuk – Kontes kambing Etawa yang digelar dikawasan pasar kambing Warujayeng Kabupaten Nganjuk di ikuti puluhan peternak kambing dari berbagai daerah di Jawa Timur. Kontes ini dalam rangka promosi aar masyarakat tertarik untuk memelihara kambing jenis Etawa

“Kegiatan kontes kambing etawa ini kami lakukan dalam rangka promosi, agar warga masyarakat tertarik memelihara kambing etawa yang mempunyai nilai ekonomis tinggi”ucap Neneng Panitia Penyelenggara Kontes Kambing Etawa.

Neneng menjelaskan jika kontes tersebut dibagi dalam berbagai kelas berdasarkan criteria bobot kambing, calon pejantan dan calon indukan kambing. “Ini agar kami tidak kesulitan dalam penjuriannya nanti”jelasnya.

Kambing etawa bisa menjadi juara jika memiliki nilai tertinggi dari nilai yang sudah ditetapkan oleh panitia.

“Bukan hanya kesehatan kambing yang kami nilai, tapi juga bentuk moncong mulut, telinga, tanduk, dan warna bulu kambing tersebut”jelasnya

Akhirnya yang dapat memenangkan kontes kecantikan kambing etawa tersebut diraih oleh Budiono peternak dari Kertosono Kabupaten Nganjuk. Sesaat setelah di umumkan menjadi pemenang, kambing Budiono langsung ditawar dengan harga 600 juta rupiah. Namun, Budiono tidak begitu saja melepas kambing kesayangannya kalau tidak dibeli dengan harga 1 Miliyar.

“Saya tidak akan memberikan kambing saya ini jika tidak ditawar seharga satu miliyar”ucap Budiono.

Memang kambing jenis etawa berbeda dengan jenis kambing pada umumnya. Selain postur yang lebih besar kambing etawa juga memiliki ciri-ciri bulu yang lebih lebat, telinga lebih panjang dan biasa dibudidayakan guna diambil air susunya. Oleh karena itu perawatannya juga tidak seperti kambing biasa.

Bukan itu saja, Susu kambing etawa diyakini mampu enyembuhkan berbagai penyakit akut yang berhubungan dengan gangguan pernapasan, seperti TBC dan asma, termasuk mampu meningkatkan vitalitas pria. (Jati)