ADAKITANEWS, Tulungagung – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tulungagung menyatakan bahwa pihaknya belum dimintai keterangan oleh kepolisian terkait dengan adanya laporan yang diarahkan kepada Koperasi Syariah (Kopsyah) BMT Nusa.

Kopsyah BMT Nusa yang beralamatkan di Desa Tanggulwelahan Kecamatan Besuki Tulungagung ini dilaporkan ke Polres Tulungagung oleh puluhan nasabah yang mewakili sekitar 200 nasabah lainnya, karena diduga melakukan penggelapan dana nasabah.

“Kita belum dimintai keterangan terkait masalah (Kopsyah BMT Nusa) tersebut,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tulungagung, Supraptono, Jumat (09/03).

Supraptono mengatakan bahwa Kopsyah BMT Nusa yang dipermasalahkan tersebut, sejak tahun 2014, tidak melaporkan adanya Rapat Anggota Tahunan (RAT). Padahal, sebagai lembaga koperasi yang dinilai sehat adalah ketika setiap tahun menyelenggarakan RAT.

“Bagaimana dikatakan sehat, kalau tidak menggelar Rapat Anggota Tahunan. Padahal kita sudah berulangkali menekankan kepada lembaga-lembaga koperasi untuk selalu mentaati,” katanya.

“Apalagi tadi anda sampaikan bahwa yang digelapkan itu merupakan tabungan dan deposito. Padahal di lembaga koperasi tidak ada istilah tersebut. Yang ada adalah simpanan pokok dan simpanan wajib anggota,” tambah Supraptono.

Lanjutnya, jika pada Kopsyah BMT Nusa ada produk tabungan dan deposito, berarti hal ini sudah menyalahi ketentuan sebagai sebuah lembaga koperasi.

Kopsyah BMT Nusa yang beralamatkan di Desa Tanggulwelahan Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, diketahui dilaporkan ke pihak kepolisian pada Kamis (08/03), oleh sejumlah orang yang mengatasnamakan nasabah Kopsyah tersebut.

Mereka melaporkan adanya dugaan penggelapan yang dilakukan oleh Kopsyah BMT Nusa terhadap sekitar 200 nasabah dengan kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 7 miliar lebih.

Modus yang ditawarkan kepada para nasabah tersebut adalah adanya iming-iming bunga deposito yang dinilai cukup besar yakni 1,8 persen perbulan. Di awal perjalanan pembayaran bunga lancar, namun sejak tahun 2014, pihak Kopsyah mulai ingkar, hingga akhirnya berujung pada laporan ke pihak kepolisian.(bac)

Keterangan gambar : Nasabah Kopsyah BMT Nusa saat di Mapolres Tulungagung.(dok. adakitanews.com)