Korban Lumpur Lapindo Ramai-ramai Makan Kaca

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Menjelang peringatan sepuluh tahun semburan lumpur Lapindo, puluhan warga berkumpul di atas tanggul titik 12 Desa Siring Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (28/05) pagi. Selain menggelar doa bersama, beberapa warga juga melakukan aksi makan kaca sebagai simbol kesengsaraan yang selama ini masih mereka rasakan pasca tragedi 10 tahun silam.

Puluhan warga tersebut kembali menuntut pelunasan ganti rugi oleh PT Minarak Lapindo Jaya yang hingga 10 tahun belum juga terealisasi. Aksi warga dimulai di titik 71 Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin dilanjutkan dengan long march menuju tanggul lumpur di titik 21 sambil membentangkan dua spaduk yang bertuliskan permintaan kepada Presiden Joko Widodo untuk membantu nasib mereka.

Korlap Aksi, KH Abdul Fatah mengatakan, aksi makan kaca dilakukan warga sebagai simbol bahwa selama 10 tahun pasca tragedi semburan lumpur Lapindo, warga tidak bisa makan apapun lantaran ganti rugi belum mereka terima sepenuhnya. “Hari ini warga korban lumpur yang berada dalam area peta terdampak melakukan doa bersama untuk memohon kepada Alloh agar pihak Lapindo segera melunasi ganti ruginya,” katanya.

KH Abdul Fatah mengatakan bahwa dirinya bersama seluruh warga terdampak merasa ditelantarkan oleh PT Minarak Lapindo Jaya karena sampai saat ini sisa ganti rugi baru dibayarkan sebesar 20 persen. KH Abdul Fatah juga menambahkan bahwa yang belum terbayar ada sekitar 150 berkas, gabungan dari empat desa yakni Desa Jatirejo, Desa Reno Kenongo, Desa Siring di Kecamatan Porong dan Desa Kedungbendo di Kecamatan Tanggulangin dengan jumlah nomial sekitar Rp 50 miliar.

“Kami mengharapkan Bapak Presiden Joko Widodo untuk segera membantu kami. Para warga korban lumpur yang belum dibayar ganti ruginya. Kami juga meminta kejelasan dari pemerintah pusat untuk memperhatikan nasib kami yang sudah sepuluh tahun belum ada kejelasan terkait pembayaran,” pungkasnya.(kur)

Keterangan gambar: Aksi makan kaca oleh warga korban lumpur Lapindo.(ist)

Recommended For You