ADAKITANEWS, Nganjuk – Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk, Polsek Ngetos, Koramil 0810/18 Kecamatan Ngetos, membebaskan korban pemasungan di wilayahnya, Senin (26/09) pagi. Pembebasan korban pasung dilakukan guna memberikan tindakan yang lebih manusiawi untuk kesembuhan korban.

Menurut keterangan warga, Tugiman, 29, sudah mengalami sakit jiwa selama bertahun-tahun. Karena sering kali tindakannya mengkhawatirkan, akhirnya dia harus dipasung di dalam kamarnya.

Pembebasan dilakukan karena pemasungan dianggap tidak manusiawi. Meskipun mengalami gangguan kejiwaan, Tugiman juga seorang manusia biasa yang mempunyai hak asasi. Rencananya, Tugiman akan dikirim ke RSJ Lawang, Malang, guna menjalani proses rehabilitasi. “Yang bersangkutan akan kami kirim ke RSJ guna menjalani rehabilitasi. Semoga dengan tindakan yang lebih manusiawi ini korban bisa segera sembuh,” ungkap Sunaryo, anggota DPRD yang mengantar ke RSJ.

Dalam kesempatan ini terlihat Sunaryo Komisi D, anggota DPRD Nganjuk beserta dinas terkait turut serta memperjuangkan nasib Tugiman. Selain itu, petugas Puskesmas dan juga perangkat desa juga terlihat aktif sepanjang proses pembebasan korban pasung. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan ke depan tidak ada lagi masyarakat yang memilih cara pasung sebagai langkah terakhir terhadap orang yang mengalami gangguan jiwa.(Jati)

Keterangan Gambar: Evakuasi Tugiman.(Foto : Bagus Jatikusumo)