Korban Putting Beliung Derita Kerugian Hingga Rp. 700 Juta

459

bantu korban puting beliung 3bantu korban puting beliung 2@dakitanews Nganjuk – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk masih melakukan pendataan jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana angin puting beliung yang terjadi Selasa (25/11/2014).

“Rumah-rumah yang mengalami kerusakan masih kami data. Nanti yang mengalami kerusakan parah bakal mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ungkap Sukonyono, Kepala BPBD KabupatenNganjuk kepada @dakitanews.com, Jum’at (28/11/2014).

Dijelaskan Sukonyono, data rumah yang rusak berjumlah 559 rumah, namun jumlah ini bakal bertambah karena petugas masih mendata dan merinci tingkat kerusakan di lapangan.”Bantuan akan diberikan untuk rumah yang rusak berat dan sedang berupa material dan bahan bangunan,” jelasnya.

Sedangkan pelaksanaan perbaikan rumah diserahkan kepada masing-masing desa dengan sistem gotong royong masyarakat, bantuan diberikan sesuai dengan tingkat kerusakannya.

Dari hitungan sementara petugas, kerugian akibat bencana anginputing beliung ditaksir lebih dari Rp 700 juta. Masyarakat diminta untuk waspada karena bencana serupa masih ada kemungkinan terjadi lagi.”Dalam bulan ini sudah ada tiga kali bencana angin puting beliung,” tambahnya. (Jati)