2015-10-02_19.30.56

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kota Kediri masuk predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada hasil audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) APBD 2014 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Predikat WTP itu, membawa Kota Kediri menerima piagam penghargaan dari BPK RI dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2014 dengan capaian standar tertinggi.

Penghargaan tersebut diterima langsung Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan RI dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Akutansi dan Pelaporan Keuangan tahun 2015.

Usai menerima penghargaan, Walikota Kediri menyatakan, pihaknya sangat bangga atas prestasi yang telah diraih. Penghargaan itu, Kata Walikota, sebagai wujud apresiasi kepada daerah yang administrasinya tertib, sesuai dengan standar akuntansi pemerintah transparan dan akuntabel.

“Predikat WTP kita targetkan 2 tahun, namun baru 1 tahun sudah kita raih. Target ini kita raih berkat evaluasi bersama secara berkala dan pembenahan-pembenahan oleh seluruh Satker disiplin dilakukan,” ujar Mas Abu, sapaan akrab Walikota Kediri Abdullah Abubakar.

Mas Abu menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan diri menyongsong penerapan laporan keuangan berbasis aktual. Beberapa langkah yang akan dan telah diambil oleh Pemkot Kediri adalah menyusun kebijakan akuntansi, sistem dan prosedur akuntansi, serta clearinghouse.

“Tujuannya untuk memastikan program dan kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengn baik. Rencana ini dilakukan setiap bulan sekali, dapat dengan, BPK, BPKP atau dengan ahli pengadaan dari LKPP di tahun 2016,” lanjutnya.

Tantangan ke depan, jelas Walikota, akan lebih berat dengan kondisi ekonomi yang belum stabil. Hal itu akan berpengaruh pada penggunaan anggaran. “Efisiensi akan dilakukan, harapannya tidak berpengaruh pada pelaporan nanti,” ujarnya.

Untuk mewujudkan itu, menurut Walikota tidak hanya ditujukan kepada jajaran pemerintahan saja, namun Walikota juga menginginkan harmonisasi antara masyarakat, eksekutif dan legislatif dapat seiring sejalan. “WTP yang baru saja didapatkan oleh pemkot merupakan wujud kerja keras antara legislatif,eksekutif serta masyarakat Kota Kediri. Terima kasih untuk semua support serta doa dari berbagai pihak,” pungkasnya. (dee).

Keterangan Gambar : Walikota Kediri, Aabdullah Abu Bakar Saat menerima penghargaan dari BPK, karena prestasinya dalam audit dengan gelar Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)