ADAKITANEWS, Kota Madiun – Tahun 2017 ini seluruh siswa kelas 9 SMP, baik negeri atau swasta akan melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dari data yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun melalui Kabid Pendidikan Dasar, Heri Wasana, diketahui tahun ini ada 3.738 siswa yang tersebar di 27 sekolah SMP negeri, swasta, terbuka, serta lembaga setingkat SMP di Kota Madiun.

“UNBK SMP nantinya akan dilaksankan secara serentak pada tanggal 2, 4, 5, dan 8 Mei 2017,” jelas Hari Wasana kepada Tim Adakitanews.com.

Dari ribuan siswa tersebut, pelaksanaan UNBK secara teknis dalam satu harinya akan terbagi menjadi 3 gelombang. Sementara untuk memaksimalkan pelaksanaannya, bakal ada beberapa sekolah yang terpaksa digabung atau pindah ke sekolah lain.

Seperti SMP Bakti Ibu yang melaksanakan UNBK di SMAN 3 Madiun, MTs Siti Hajar dan MTs Pertanian menumpang di MTs Mujadadidah, SMP Muhamadiyah bergabung ke SMPN 5, SMP Taman Bakti bergabung ke SMPN 6, serta SMP PSM menumpang di SMKN 3.

“Untuk memaksimalkan UNBK tersebut Dinas Pendidikan telah menyiapkan 87 pengawas, 24 proktor, serta 24 teknisi, yang akan bersiap demi kelancaran serta keberhasilan UNBK nantinya,” lanjutnya.

Rencananya proktor akan melakukan download soal atau sinkronisasi selama 2 hari mulai Jumat (28/04) sampai Sabtu (29/04). Sementara sebelumnya, pada Kamis (27/04) Dinas Pendidikan telah melakukan koordinasi dengan PT Telkom dan PLN terkait jaminan kelancaran internet serta jaminan tidak ada gangguan listrik saat kegiatan UNBK nanti.

Irawadi, Kepala SMPN 3 Madiun menyatakan jika sekolahnya sudah siap menyambut UNBK tahun 2017 ini. “Kita sudah mempersipkan para siswa. Baik secara teknis terkait cara pengoperasian komputer, dan non teknis yakni mendekatkan diri kepada Tuhan YME,” kata Irawadi kepada Tim Adakitanews.com, Jumat(28/04).(bud)

 

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)