Walikota Madiun-2ADAKITANEWS, Madiun – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun tahun ini kembali mendapat penghargaan piala Adipura dari Presiden RI Joko Widodo. Rencananya, piala bergengsi di bidang kebersihan dan lingkungan diterima sendiri Walikota Madiun, Bambang Irianto di DKI Jakarta, Senin (23/11) nanti.

Walikota Madiun Bambang Irianto mengatakan, penghargaan Adipura dari pemerintah bukan kali pertama diterima, tapi tahun ini tercatat sudah ke-11 kalinya diraih Pemkot Madiun. Penghargaan ini tidak terlepas dari kinerja dan sinergitas yang baik antara stakeholder terkait terutama Dinas Kebersihan dan Pertamanan dengan masyarakat.

“Kami sudah meraih piala Adipura. Saya dapat undangan, Senin nanti. Pasti, saya sendiri menerima di Jakarta. Saya sudah menerima surat undangan penyerahan anugerah Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun pertengahan November lalu,” jelasnya

Menurutnya penghargaan Adipura diterima Pemkot Madiun sebanyak 10 kali, sedangkan Adipura Kencana baru diperoleh tahun 2014 kemarin. “Kita akan mendapatkan penghargaan Adipura Kencana yang kedua kalinya. Setelah tahun kemarin kami juga mendapatkan penghargaan yang sama,” terang Bambang Irianto

Untuk mendapatkan penghargaan Adipura tersebut, daerah harus memenuhi kriteria kebersihan yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat, diantaranya pengelolaan sampah di TPA dan TPS, kemudian pengolahan konsep 3R yaitu Reuse (menggunakan kembali), Reduce (mengurangi), Recycle (mendaur ulang).

Selain itu pengolahan di bank sampah, penghijauan diseluruh kota, kebersihan saluran terbuka, kebersihan dan pengelolaan pasar, kebersihan penataan sekolahan, penataan ruas jalan dan juga adanya kampung iklim di Jalan Janoko, Kelurahan Oro-oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. (adv/UK)

Keterangan Gambar : Walikota Madiun