ww@dakitanews Nganjuk
– Bertempat di aula Dinas sosial, sekitar 15 waria yang berada di wilayah Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, Mendapat pembinaan dan pengetahuan tentang bahaya virus HIV AIDS dari KPAD (Komisi Penanggulangan AIDS Daerah) Kabupaten Nganjuk, Jum’at (14/11) malam mulai pukul 19.30 WIB.

Selain mengadakan pembinaan dan pengetahuan tentang HIV AIDS, KPAD bekerjasama dengan RSUD Nganjuk juga melakukan tes HIV AIDS bagi para waria ini. Hasil pemeriksaan baru bisa diketahui esok hari.

Tim pelaksana kegiatan yang terdiri dari KDS Spirit Pelangi dan Tim Kesehatan RSUD Nganjuk. Diketahui, KDS (kelompok dukungan sebaya) merupakan wadah komunitas ODHA (Orang Dengan HIV Aids) yang merupakan anggota dari KPAD Nganjuk. Sedangkan tim kesehatan merupakan tim yang dibentuk oleh RSUD Nganjuk.

Tim pelaksana memeriksa seluruh peserta yang hadir. Para waria yang hadir ini kebanyakan berprofesi sebagai pekerja maupun pemilik salon.

Salah satu Anggota tim pelaksana dari Divisi pemberdayaan ODA, Siswanto Hadi,38, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan memberi pembinaan dan pengetahuan sekaligus mengadakan tes HIV AIDS bagi para waria yang ada di wilayah Kecamatan Nganjuk. “Kegiatan ini akan kami lakukan juga di wilayah kecamatan lain, bahkan setiap tahun kami mengadakan mobile VCT,” terang Antok panggilan akrab Siswanto Hadi.

Ditemui @dakitanews.com, Ketua penyelenggara Trisna Eka Setyowati menerangkan bahwa, waria di wilayah kecamatan Nganjuk yang terdata di KPAD sebanyak 42 orang. Namun karena kuota terbatas, pihaknya sementara hanya mengundang 30 orang.

“Malam ini yang hadir 15 orang, yang lain belum bisa hadir karena masih ada kesibukan dengan aktifitasnya masing – masing,” terang Trisna yang merupakan Koordinator Divisi pemberdayaan ODA, dan juga petinggi KPAD Kabupaten Nganjuk. (Kmto/jati)

Keterangan Gambar : Para waria Nganjuk saat mengikuti pemeriksaan HIV AIDS